6 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

20408f84a77b5e6ee32543493abc20746c26a4e2.jpeg

Kencur merupakan tanaman obat yang telah dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat kesehatan. Tanaman obat dengan nama ilmiah Kaempferia memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Kencur mengandung pati, mineral, serta minyak atsiri yang berupa sineol, asam metil kanil, asam sinamat, asam dasinat dan alkaloid. Kencur juga mengandung metanol yang dapat digunakan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit menyerang.

Salah satu manfaat yang terkenal adalah kencur untuk obat batuk. Dan ternyata masih banyak manfaat kencur lainnya untuk kesehatan seperti :

  • Mengobati Radang Lambung

Kencur juga bisa mengobati radang lambung. Caranya adalah dengan memarut kencur, lalu peras airnya dan campur dengan air hangat lalu diminum. Lakukan hingga kembali sehat.

  • Menghilangkan Perut Kembung dan Masuk Angin

Kencur dapat menjadi penghangat alami untuk tubuh. Karena itu, tepat sekali menjadikan kencur sebagai obat bila terserang perut kembung dan masuk angin. Caranya adalah dengan mencampurkan air perasan parutan kencur dengan garam dan air hangat. Minum larutan ini dua kali sehari untuk menghilangkan perut kembung dan masuk angin.

  • Meredakan Keseleo

Tanaman obat satu ini juga dapat berfungsi mengobati kaki yang terkilir atau keseleo. Ini karena kencur berfungsi sebagai penghangat alami yang mampu melemaskan otot-otot dan urat yang tegang akibat terkilir atau keseleo. Cara menggunakannya adalah dengan memarut kencur, lalu dicampurkan dengan beras yang telah ditumbuk halus. Balurkan pada kaki atau tangan yang terkilir dan tutup dengan perban. Lakukan hingga tubuh terasa lebih membaik.

  • Obat Diare

Manfaat lainnya kencur adalah untuk obat diare. Cara meramunya jadi obat diare adalah dengan menumbuk kencur dengan dua siung bawang merah hingga halus. Kemudian bungkus dengan daun bisang dan bakar sampai hangat. Setelah itu dioleskan ke perut agar diare lebih cepat sembuh. Konsultasikan ke dokter apabila diare tak kunjung sembuh.

  • Obat Batuk Berdahak

Inilah manfaat kencur yang paling dikenal, yaitu kencur untuk obat batuk. Terutama, batuk berdahak. Kandungan yang ada dalam kencur mampu mengencerkan dahak sehingga membuat saluran pernapasan jadi lebih lega. Ada beberapa cara mengolah kencur untuk obat batuk, salah satu diantaranya adalah parutan kencur dicampur dengan segelas air hangat, lalu disaring. Tambahkan sedikit garam lalu diminum. Lakukan dua kali sehari, saat bangun tidur dan sebelum tidur agar batuk lebih cepat sembuh.

  • Mengobati Sakit Tenggorokan

Masih berkaitan dengan fungsi kencur untuk obat batuk, tanaman obat ini juga mampu mengatasi sakit tenggorokan. Ramuan kencur hangat dan mampu membuat lega saluran pernapasan, termasuk tenggorokan. Cara mengolahnya sama seperti mengolah kencur untuk obat batuk, diminum sekali sehari agar sakit tenggorokan cepat sembuh.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini