6 Alasan Duduk Lama Tidak Baik Bagi Kesehatan

39d8ee088d65174386d2e95c19c63a9f614a2ed1.jpeg

Bekerja sepanjang hari di depan komputer dan melakukan aktivitas duduk lainnya seperti melihat televisi atau menonton film tidak terlihat seperti aktivitas yang membahayakan. Namun, tahukah Anda berbagai gangguan kesehatan yang menanti di baliknya?

Meningkatkan risiko diabetes
Sebuah penelitian pada University of Missouri menunjukkan bahwa duduk hampir sepanjang haru membuat seseorang lebih tinggi risikonya menderita diabetes. Hal ini dikarenakan, saat duduk terlalu lama keinginan untuk makan semakin besar sedangkan tubuh tidak pernah bergerak.

Meningkatkan risiko kematian
Penelitian dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa seorang wanita yang duduk enam jam atau lebih dalam sehari hampir 40 persen mungkin meninggal 13 tahun lebih cepat dibandingkan yang duduk kurang dari tiga jam. Sedangkan untuk pria, duduk lebih dari enam jam memiliki risiko 18 persen kematian lebih cepat.

Risiko kanker
Duduk terlalu lama telah menjadi penyebab utama lebih dari 170.000 kasus kanker. Kanker payudara dan usus adalah penyakit yang paling banyak dipengaruhi oleh tingkat aktivitas fisik. Sangat menakutkan bukan? Christine Friedenreich, seorang ahli epidemiologi mengatakan dengan berjalan cepat selama 30 menit setiap hari dapat mengurangi risiko kanker tersebut.

Menaikkan risiko serangan jantung
Sebuah penemuan mengejutkan ditemukan dalam The Journal Medicine and Science in Sport & Exercise dimana para peneliti di Lousiana menemukan bahwa seseorang yang duduk terlalu lama memiliki 54 persen kemungkinan meninggal karena serangan jantung. Para peneliti tersebut mengatakan bahwa duduk merupakan faktor yang serius dalam penyakit kardiovaskular.

Mengurangi harapan hidup
British Journal of Sport Medicine menemukan bahwa setiap jam Anda duduk di depan TV dapat mengurangi harapan hidup hampir 22 menit. Melihat kebiasaan yang berisiko ini, diharapkan Anda segera mengurangi porsi duduk berlama-lama di depan TV ya.

Membuat tubuh tidak proporsional
Penelitian di Inggris menemukan bahwa menempatkan tekanan pada bagian tubuh tertentu dapat menghasilkan 50 persen lebih banyak lemak dari biasanya. Sel-sel lemak menjadi tertimbun ketika mengalami periode berkepanjangan duduk. Jadi, ketika Anda terlalu banyak tubuh, jangan kaget jika tubuh bagian bawah, seperti perut dan pinggang akan semakin membesar.

Segera bangkit dari tempat duduk Anda dan bergeraklah. Ciptakan pola hidup seimbang dengan makan makanan sehat dan menyempatkan waktu untuk bergerak dan olahraga.