5 Cara Mencegah Sebaran Flu di Rumah

102e2497cff8aac53516a042ef4a59e94f510a50.jpeg

Datangnya musim hujan selalu dibarengi dengan munculnya penyakit musiman. Salah satunya adalah flu. Penyakit ini disebarkan oleh virus dan mulai aktif ketika terjadi pergantian musim pancaroba. Jika tidak menjaga kesehatan dengan baik, tubuh rentan sakit. Akibatnya, aktivitas banyak yang terganggu dan tidak bisa selesai tepat waktu.

Karena virus dapat menyebar di mana saja, yuk mulai lakukan pencegahan di rumah terlebih dulu.

Tutupi mulut saat bersin atau batuk
Batuk dan bersih adalah bentuk respon spontan dari tubuh karena adanya suatu zat atau benda yang oleh tubuh dianggap membahayakan, sehingga memaksa tubuh untuk batuk atau bersin agar bisa segera ke luar. Namun begitu, usahakan untuk menutupi mulut dengan tangan saat batuk atau bersin. Ini untuk mencegah penyebaran virus lebih luas di dalam rumah. Demikian yang disampaikan oleh Dr. Jennifer Robinson dari WebMD.

Cuci tangan menggunakan sabun
Tangan sering digunakan untuk menyentuh beragam benda dan menutupi mulut saat bersin, maka budayakan mencuci tangan sebelum makan atau mengusap bagian tubuh lainnya. Menurut Dr. Terry Remy, direktur medis Medical Associate, Alexandria, mencuci tangan menggunakan sabun dapat mengurangi kemungkinan penyebaran virus berpindah ke tubuh yang lain atau masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang dipegang.

Membuat sick room
Tak ada salahnya menyiapkan kamar khusus yang bisa digunakan untuk merawat salah satu anggota keluarga yang sakit. Dr. Dee Hoven, spesialis gangguan infeksi, mengatakan bagaimana pun juga penyakit musiman menular tanpa pilih orang. Virus yang keluar saat bersin maupun batuk akan mudah sekali terhirup dan masuk lewat hidung. Membuat kamar sakit adalah langkah sederhana untuk mengurangi dampak penyebarannya.

Tutup pintu kamar mandi
Kamar mandi menjadi sarang berbagai kuman penyakit. Supaya penyebarannya tidak merebak ke mana-mana, tutuplah kamar mandi saat tidak digunakan. Jangan biarkan handuk basah bergelantungan di kamar mandi agar tidak semakin menambah sarang kuman. Pastikan juga kamar mandi selalu bersih, sehingga rumah Anda bisa benar-benar bersih dan segar.

Periksa sanitasi
Walau saluran pembuangan larinya ke luar, tetapi rutinlah memeriksanya. Jangan sampai ada genangan di sekitar kamar mandi, dapur dan saluran di sekeliling rumah. Sebab, selain bau busuk, kuman dan virus juga bakal ikut masuk ke dalam rumah lewat udara. Akibatnya, rumah menjadi tidak segar dan rawan mengundang beragam virus atau bakteri pembawa penyakit.

Langsung diaplikasikan ya, Bu.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini