4 Tips Mudah Mengolah Buah Untuk Diet

9d12283b3d674b30c79bd529c6f05d9b3ba102fe.jpeg

Ibu perlu komitmen untuk mengubah pola makan apabila sedang menjalankan program diet. Berbagai cemilan manis sebaiknya dihindari dan diganti menjadi buah-buahan. Namun, tampaknya kreativitas diperlukan agar makan buah menjadi tidak membosankan. Berikut beberapa cara mengolah buah yang dapat menjadi pilihan Ibu selama menjalankan program diet!

  1. Jus

Cara ini merupakan cara yang paling praktis ketika mengonsumsi buah untuk diet. Tetapi, jus seringkali ditambahkan gula sebagai pemanis sehingga justru tidak baik untuk program diet. Jika ingin mengonsumsi buah dan memperoleh manfaatnya secara optimal, sebaiknya konsumsi jus buah dengan menyertakan seratnya. Hindari proses penyaringan yang tinggal menyisakan air karena ampas buah sangat bermanfaat bagi tubuh. Agar gula darah tetap stabil, hindari juga menambahkan gula ataupun pemanis lainnya pada jus buah Ibu.

  1. Keripik buah

Terdapat banyak keripik buah dijual di pasaran dan dapat menjadi pilihan bagi Ibu yang ingin mengemil. Memang, mengonsumsi keripik buah memang tidak dapat dianggap sama dengan mengonsumsi buah yang masih segar. Sebagian manfaat dari buah tentunya berkurang seiring proses pembuatan keripik buah tersebut. Tetapi, keripik buah yang dioven dapat menjadi cara alternatif mengemil buah untuk diet karena relatif lebih menyehatkan daripada mengonsumsi berbagai snack lain pada umumnya.

  1. Salad

Beberapa buah, seperti apel, alpukat, atau stroberi dapat dijadikan bahan untuk membuat salad. Salad merupakan cara terbaik untuk menyantap beberapa buah sekaligus dalam satu waktu yang bersamaan. Sebagai sausnya, Ibu dapat menambahkan kandungan yang menyehatkan seperti saus lemon atau madu.

4.Smoothies bowl

Smoothies bowl merupakan salah satu cara terbaru makan buah untuk diet yang melezatkan. Jenis makanan ini umumnya disajikan di mangkuk dengan isi smoothies buah serta potongan buah dan kacang-kacangan di atasnya.  Smoothies bowl juga tergolong sajian sehat serta lengkap karena juga mengandung kacang-kacangan yang kaya vitamin. Selain menyehatkan, smoothies bowl juga mengandung kalori yang rendah karena smoothies hanya mengandung karbohidrat dari buah-buahan.