Perlunya Sikap Cinta Lingkungan Buat Si Kecil

5ec8ff1e231577cca2b3679bca8437966b6a8aae.jpeg

Mencintai lingkungan, adalah karakter yang patut diajarkan kepada si kecil sejak dini. Dengan adanya karakter ini dalam diri si kecil akan membuat generasi penerus nantinya lebih menghargai kekayaan alam dan menjaganya tetap lestari. Ada banyak cara menyenangkan yang bisa Anda coba untuk menanamkan rasa cinta lingkungan pada si kecil, seperti di bawah ini.

Berkebun

Mungkin Anda menilai berkebun adalah hal yang sederhana, namun manfaatnya akan luar biasa jika Anda dapat memahaminya dengan baik. Ajaklah si kecil berkebun, minta dia untuk menyiram dan memupuk tanaman. Berikan pengertian jika menanam tanaman akan membuat rumah lebih indah dan sejuk.

Selain itu, tanaman yang rindang akan membuat rumah lebih teduh dan asri. Itulah mengapa rumah menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk tinggal. Dengan begitu, anak akan semakin mengerti betapa pentingnya mencintai lingkungan dan menjaganya agar dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman.

Ajak si kecil liburan ke alam

Berlibur ke mal atau area bermain anak mungkin sudah biasa. Lain halnya jika mengajak anak untuk melihat keindahan alam. Pernahkah keluarga Anda mencobanya? Dengan mengetahui betapa kaya dan indahnya alam secara langsung, akan membuat si kecil tersadar akan pentingnya menjaga alam tetap indah dan lestari. Mungkin si kecil sering mendengar kata-kata 'cintailah lingkungan' saat pelajaran sains. Tapi, efeknya akan berbeda jika dia melihatnya sendiri.

Berjelajah dengan internet

Ajaklah si kecil melihat dunia yang sesungguhnya melalui internet. Misalnya, melihat  gambar tentang banjir yang disebabkan oleh sampah yang dibuang sembarangan di sungai. Kemudian, tentang hewan-hewan yang telah punah karena diperjualbelikan. Serta global warming karena penggunaan listrik yang berlebihan. Dampak-dampak seperti itu perlu diketahui oleh si kecil agar tumbuh rasa ingin menjaga dan mencintai lingkungannya.

Dengan menumbuhkan rasa cinta lingkungan kepada si kecil sejak dini, Anda dapat membuatnya menjadi generasi penerus yang mampu melakukan sesuatu untuk lingkungannya. Semoga menginspirasi ya.