2fa0953cebac77a29351c5ea9fc5defec2957376.jpeg

Sinar matahari yang terik membuat banyak rumah di Indonesia terpasang alat pendingin ruangan agar hawa tetap sejuk. Pendingin ruangan memang memberi sejumlah manfaat, seperti memberikan rasa sejuk sehingga nyaman, bahkan meningkatkan produktivitas penikmatnya.

Namun jika rumah full memakai pendingin ruangan, memiliki beberapa risiko yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Kekeringan kulit

Menghabiskan berjam-jam di lingkungan yang berpendingin ruangan dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada selaput lendir. Kulit juga bisa kehilangan kelembapan alaminya dan bisa menjadi kering dan sensitif. Rajinlah menggunakan body lotion, atau tempatkan semangkuk air atau humidifier agar udara senantiasa lembap.

Gangguan sistem pertahanan tubuh

Masuk ke dalam rumah yang dingin dari suhu udara luar yang panas bisa mengganggu sistem pertahanan tubuh akibat perubahan suhu mendadak yang terjadi terus-menerus. Hindari masalah ini dengan menetapkan suhu yang lebih tinggi, dan kemudian kurangi secara bertahap ke level yang nyaman.

Infeksi saluran pernapasan

Paparan berlebihan udara dingin dapat menyebabkan masalah saluran pernapasan, seperti sinus, pilek, sakit tenggorokan, dan gejala flu lainnya. Udara yang kering akibat pendingin ruangan dapat menyebabkan iritasi pada lapisan mulut dan hidung. Filter udara yang kotor pada pendingin ruangan juga bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri yang disirkulasikan kembali di dalam ruang.

Sick building syndrome

Fenomena ini lebih sering terlihat pada bangunan yang menggunakan sistem pendingin udara, tetapi tidak memiliki ventilasi yang tepat. Sick building syndrome merupakan timbulnya gejala seperti kesulitan bernapas, iritasi pada kulit dan selaput lendir, sakit kepala, dan kelelahan yang berlebihan, yang terjadi secara kolektif menimpa orang-orang dalam bangunan yang sama.

 

Akan sangat baik jika pada pagi hari, pendingin ruangan dimatikan, buka jendela, dan biarkan udara bersikulasi dengan baik. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan filter udara pada pendingin ruangan agar tidak menjadi sarang penyakit.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini