a86127f58a404bb14c4ffb5e8e67b4b7abd6b6db.jpeg

Sayuran menjadi salah satu jenis bahan makanan yang cenderung tidak disukai oleh si Kecil. Banyak di antara mereka yang mengeluhkan rasa, bau atau tekstur dari sayuran yang memang terlihat asing untuk mereka. Tidak hanya sayuran, buah-buahan juga termasuk bagian dari makanan yang kadang dihindari oleh si Kecil. Kondisi anak yang susah makan sayur tentu akan menyulitkan para oran tua untuk bisa memberikan nutrisi secara lengkap demi menjaga kesehatan buah hatinya.

Nah, anak susah makan sayur dan buah bisa disiasati dengan beberapa cara untuk bisa memperkenalkan bahwa sayur dan buah adalah makanan penting yang dibutuhkan tubuh. Sebagai seorang Ibu, tentunya membuat trik khusus untuk mengatasi anak susah makan sayur ini pasti bukan hal yang sulit, karena hanya membutuhkan sedikit siasat untuk menyajikan sayur dan buah agar dilirik oleh si Kecil. Seperti apa triknya? Yuk simak Bu!

  1. Kombinasi Warna Warni

Si Kecil cenderung menyukai segala hal yang menarik perhatian, salah satunya adalah kombinasi warna warni yang bisa Ibu praktikan dalam masakan. Jika Ibu ingin si Kecil mengonsumsi sayuran, mulailah dengan menyajikannya secara menarik. Cara yang perlu dilakukan adalah mensiasati rasa sayur yang tidak manis dengan mengkombinasikan warna. Mulai dari hijaunya brokoli, oranye dari segarnya wortel, paprika yang cerah dengan warna merah serta lobak putih. Kombinasi warna yang sudah lengkap ini tinggal dipadukan dalam resep masakan yang lezat.

  1. Perhatikan Kesegaran Sayuran dan Buah

Usahakan untuk menyajikan sayuran atau buah dalam keadaan yang masih segar. Artinya, jika perlu dimasak, tekstur sayuran harus tetap renyah. Hindari dengan menyajikan sayuran yang sudah lama tersimpan dalam kulkas. Tentu Ibu tidak ingin momen pertama si Kecil mengenal sayur jadi berantakan karena rasa sayur yang telah terkontaminasi dengan bahan lain di lemari es.

  1. Sajian yang Menarik Perhatian

Saat penyajian, dilansir dari buku Menu Sehat Alami untuk Batita & Balita oleh Budi Sutomo, S.Pd, Dr. Dwi Yanti Anggraini, Ibu bisa mencoba membuat makanan agar lebih menarik perhatian si Kecil. Mulai dari membentuk karakter anak, atau tokoh kartun,atau boleh juga mencetaknya dengan bentuk-bentuk lucu lewat cetakan. Selain warna yang akna menarik perhatian, rasa serta penampilan penyajian makanan ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

  1. Buah yang Manis

Memperkenalkan buah kepada si Kecil bukanlah hal yang sulit, karena buah cenderung berasa manis. Ibu hanya perlu mengolahnya sebagai jus, salad, atau dimakan langsung setelah dikupas. Memberikan buah yang manis terlebih dulu akan membuat si Kecil merasakan pengalam pertama mengonsumsi buah yang ternyata rasanya enak. Dengan begitu, tidak akan sulit untuk memintanya memakan buah lagi suatu saat nanti.

Anak susah makan sayur tentunya bisa teratasi dengan baik asalkan Ibu kreatif serta sabar saat membimbingnya makan. Selamat memutar otak untuk meningkatkan asupan nutrisi si Kecil ya, Bu!

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini