Kenali Manfaat Renang Pada Anak, Berikut Cara yang Bisa Ibu Terapkan

0cf7605c09fc5121992c69f79be153b3b56e82e6.jpeg

Manfaat renang tidak hanya berguna untuk meningkatkan tinggi badan saja. Ternyata berenang juga memiliki manfaat lain, terutama bagi si Kecil. Bahkan olahraga renang pada kenyataannya juga perlu untuk dikuasai oleh anak-anak. Manfaat renang selain berguna untuk meningkatkan fungsi tulang, dan otot tubuh sejak kecil, ternyata juga bermanfaat untuk melatih pernapasan. Manfaat renang lainnya adalah membantu tubuh si Kecil bisa seimbang dalam pergerakan baik di dalam air atau tidak. Nah, untuk memperkenalkan olahraga renang kepada si Kecil bisa dimulai dengan cara sebagai berikut.

  1. Melatih di kamar mandi

Buatlah agar si Kecil akrab dengan dunia air melalui kegiatan di kamar mandi. Bisa dengan memasukan badan si Kecil ke dalam kolam kecil sebagai permulaan. Buatlah si Kecil merasa nyaman saat harus berada di dalam air yang banyak. Selain itu, Ibu juga bisa melatihnya di air biasa agar si Kecil terbiasa dengan suhu air apa saja. Lakukan latihan ini secara rutin dalam durasi yang tepat dan tidak terlalu lama.

  1. Bermain di kolam renang

Dengan terbiasanya si Kecil bermain dalam kolam kecil, Ibu akan bisa mengajaknya mulai berkenalan dengan kolam renang yang sebenarnya. Jangan lupa terus mengawasi si Kecil ya, Ibu, usahakan si Kecil selalu dalam pengawasan dan hanya berada di kolam renang khusus untuk anak-anak.

  1. Mengajarkan teknik yang tepat

Saat si Kecil sudah akrab dengan renang dan tidak takut melihat kolam yang penuh dengan air, maka tahap berikutnya adalah mengajarkan teknik berenang yang tepat pada si Kecil. Sebagai awal, Ibu bisa melatihnya menggunakan ban atau pelampung lainnya.

Usahakan memilih alat bantu tersebut yang sesuai dengan ukuran dan berkualitas baik dari segi bahan. Gunakan juga kacamata renang untuk si Kecil agar terhindar dari iritasi mata saat berenang. Selain itu, pakaian renang yang nyaman untuk si Kecil juga diperlukan saat belajar bersama guru renang yang profesional.