Trik Pengasuhan Orangtua yang Bekerja

22363801f96b312807a1e2c3629350606ba8b49e.jpeg

Akhir-akhir ini lumrah ditemui keluarga dengan kedua orangtua yang bekerja di luar rumah. Mempunyai karir yang sedang menanjak atau tingginya biaya hidup membuat beberapa orangtua membuat keputusan yang sangat berat ini.

Agar bisa bekerja dengan tenang, Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga, babysitter, atau daycare untuk menitipkan si kecil. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Menitipkan anak pada anggota keluarga

Salah satu keuntungan meminta bantuan anggota keluarga untuk merawat si kecil adalah hubungan yang sudah terbentuk, misalnya pada kakek, nenek, atau saudara dekat. Menurut dokter anak Deborah Gilboa, M.D., menitipkan anak pada orang yang mengenal si kecil, Anda akan mendapatkan orang yang benar-benar memperhatikan anak Anda. Tidak hanya menghemat uang, bekerja jadi lebih tenang, karena tahu si kecil tidak berada di tangan orang asing. Tapi Anda harus bisa fleksibel dan memaklumi jika ada perbedaan gaya asuh yang dilakukan anggota keluarga. Misalnya aturan membatasi TV, tapi si kakek membebaskan si kecil menonton apa saja yang anak mau. Oleh karena itu komunikasi antara kedua orangtua yang bekerja dengan anggota keluarga harus baik dan terjaga, agar anak tidak mengalami kebingungan.

Menggunakan babysitter

Pilihan lain yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan jasa babysitter untuk menjaga si kecil saat kedua orangtua bekerja. Menemukan orang yang tepat untuk merawat si kecil biasanya memerlukan waktu yang panjang dan proses yang rumit. Tidak hanya itu, si kecil juga membutuhkan waktu lama untuk mengenal pengasuhnya, seperti yang dilansir situs Childcare. Biaya menyewa babysitter jauh lebih besar daripada menitipkan si kecil pada keluarga Anda. Keuntungan menggunakan babysitter adalah Anda masih dapat menerapkan aturan dan batas-batas yang selama ini berlaku, misalnya jam tidur atau menu dan pola makan si kecil. Sebelum menyewa babysitter, pilihlah yang sudah berpengalaman dan lakukan wawancara untuk mengenalnya lebih dalam. Jika menggunakan jasa agen, mintalah data lengkap si pengasuh anak.

Daycare

Daycare yang baik dikelola profesional di bidangnya dan menawarkan aneka program perawatan dan edukasi anak. Menurut situs Babycenter, tidak hanya bermain seharian, tapi si kecil juga belajar hal-hal baru untuk mengasah kecerdasan dan kemampuan bersosialisasinya. Biasanya biaya daycare lebih terjangkau ketimbang menyewa babysitter. Kelemahannya adalah si kecil mudah terserang penyakit karena berkumpul dengan anak-anak lain, selain itu perhatian yang didapat kemungkinan lebih sedikit karena harus berbagi dengan anak lainnya. Pilih daycare yang berkualitas, aman bagi anak, dan tidak terlalu padat.

Semoga dengan penjelasan di atas membantu Anda memutuskan cara mana yang akan Anda pilih untuk menitipkan anak selama bekerja, ya Bu!