Tips Membuat Bekal Anak Sekolah Saat Sekolah dari Rumah

alt-1b.jpg

Bu, ketika anak sudah memasuki usia sekolah maka bekal anak sekolah menjadi bagian dalam pemenuhan gizi hariiannya. Baik itu bekal camilan maupun bekal makan siang. Karena itu, dalam menyiapkan bekal anak sekolah Ibu perlu memilih menu sehat dengan gizi seimbang.

Nah, bagaimana saat anak sedang bersekolah jarak jauh seperti saat ini? Ibu tetap bisa menyiapkan bekal anak sekolah walau proses belajar anak berlangsung dari rumah. Pasalnya, walau sekolah jarak jauh, biasanya anak tetap punya jadwal istirahat yang bisa dimanfaatkan untuk makan camilan atau makan siang. Bahkan, membuat menu ala bekal anak sekolah malah bisa membuat anak makin semangat belajar dan membuat suasana belajar di rumah menyerupai di sekolah.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Ibu coba untuk membuat bekal makanan sehat untuk anak saat sedang sekolah jarak jauh supaya anak semangat belajar dan mendapat asupan gizi seimbang:

  1. Tanyakan pada anak menu apa saja yang ia sukai

Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, membuat bekal anak sekolah saat sedang belajar di rumah tujuannya juga agar anak makin semangat. Karena itu, Ibu dapat mendiskusikan dengan anak menu-menu apa saja yang ia sukai dan kemudian memvariasikannya untuk menu bekal yang akan Ibu buat. Tanyakan pada anak menu makanan pokok apa saja yang ia sukai, dan camilan apa saja yang ia inginkan.

 

  1. Buat daftar menu bekal makanan sehat untuk anak

Kemudian Ibu dapat membuat daftar menu untuk seminggu atau dua minggu ke depan. Lagi-lagi Ibu dapat melibatkan anak dalam membuat daftar menu tersebut agar anak menanti-nanti menu bekal setiap harinya. Membuat daftar menu juga akan memudahkan Ibu dalam berbelanja bahan-bahan yang dibutuhkan.

 

  1. Modifikasi menu bekal anak sekolah dan pastikan mengandung gizi seimbang

Kadang-kadang menu kesukaan anak mungkin kurang seimbang kandungan gizinya. Karena itu, Ibu dapat memodifikasi menu kesukaan anak supaya tetap mengandung gizi seimbang. Mengingat bekal anak sekolah, baik untuk makan siang ataupun untuk camilan, merupakan bagian dari pemenuhan asupan gizi harian anak.

 

  1. Hias kotak makan atau piring supaya menarik

Ibu dapat menyajikan menu anak menggunakan piring maupun menggunakan kotak makan supaya terasa nuansa ‘pergi ke sekolah’. Kemudian Ibu juga bisa menghiasnya ala bento atau dengan bentuk-bentuk yang lucu agar anak makin lahap menyantapnya.

 

  1. Cari referensi menu bekal makanan sehat untuk anak

Mulai kehabisan ide menu bekal makanan sehat untuk anak? Ibu bisa menggunakan berbagai referensi untuk mencari ide. Salah satunya adalah dengan melihat kumpulan resep di website Sahabat Nestlé. Ada berbagai pilihan menu bekal makanan sehat yang bisa Ibu coba sajikan untuk anak, seperti Bola Nasi Jamur, Nasi Goreng Wortel, atau Vegetable Rigatoni. Selain menyiapkan menu utama, jangan lupa juga untuk menyiapkan menu pendukung lainnya agar anak tetap semangat selama pembelajara berlangsung, seperti Milo UHT yang sudah mendapatkan logo “Pilihan Lebih Sehat” dari BPOM.

 

Walaupun sedang sekolah dari rumah, anak pasti senang bisa merasakan nuansa ‘pergi sekolah’ melalui bekal makanan yang Ibu siapkan. Yuk Bu, selalu dukung proses belajar anak dan selalu pastikan anak mendapat asupan gizi seimbang setiap harinya.

 

 

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/tips-membuat-bekal-sekolah-anak

https://www.alodokter.com/yuk-bawakan-bekal-makan-siang-sehat-dan-menarik-untuk-si-kecil

https://www.haibunda.com/parenting/20181007091847-59-26971/5-tips-menyiapkan-bekal-anak-sekolah