Smart Tips: Belanja Online Yang Aman Untuk Keuangan Keluarga

4e602efe81307e603bdeb626b2af7fee896ce6c4.jpeg

Tren jual beli online  semakin hari semakin banyak dilakukan oleh masyarakat. Bahkan segmennya kini bukan hanya kalangan atas, beberapa kelompok sosial menengah ke bawah juga sudah mulai menjajaki jual beli online. Kemudahan transaksi yang cepat dengan memilih barang yang lebih puas tanpa perlu pergi jauh-jauh ke tokonya menjadi alasan kuat kenapa banyak orang mulai gemar berbelanja online.

Sayangnya, peningkatan tren belanja online ini masih belum diikuti dengan trik belanja pintar dan aman. Tak heran bila sebagian orang masih ada yang mengalami kerugian saat melakukan transaksi belanja online. Nah, biar belanja online Anda lancar dan juga aman, simak tipsnya berikut ini ya.

Gunakan kartu kredit

Memakai kartu kredit memang bisa dikatakan merugikan, karena bisa membuat keinginan untuk belanja meningkat. Di sisi lain, penggunaan kartu kredit ini ternyata menjadi cara pembayaran yang pas untuk transaksi online. Pasalnya, kartu kredit memiliki sistem perlindungan perbankan yang lebih kuat. Hal ini mengingat fungsinya yang memang diperlukan untuk proses pembayaran. Sementara kartu debit lebih diperuntukkan untuk mengambil uang tunai di mesin ATM. Anda bisa menggunakan sistem pembayaran online terintegrasi dan diakui kemanannya seperti PayPal.

Jangan lupa screen capture

Transaksi online kini tak harus menatap layar laptop atau PC terlebih dulu. Berbagai kemajuan teknologi sudah cukup mendukung belanja online hingga cukup Anda lakukan dengan menggerakkan jari di layar smarthphone. Jangan lupa screen capture setiap transaksi yang Anda lakukan. Ini sebagai bukti transaksi yang bisa sewaktu-waktu Anda tunjukkan tanpa harus repot-repot ngeprint.

Perhatikan keamanan handphone

Bisa dikatakan semua aktivitas online di zaman sekarang dilakukan dengan menggunakan smartphone. Perbarui semua browser dan update secara berkala semau anti-virus agar tak mengundang malware yang bisa merusak sistem smartphone hingga menyebabkan transaksi online Anda terganggu. Selain itu, jangan terlalu tergiur dengan promo yang disebar lewat email, karena bisa saja berupa spam maupun kedok penipuan online lainnya.

Jangan gunakan wifi publik

Beberapa orang begitu gemar memanfaatkan wifi yang disediakan gratis. Selain menjadi fasilitas publik, kecepatan internetnya kadang lebih tinggi daripada paket data internet personal. Meski begitu, jangan melakukan transaksi online dengan menggunakan wifi terbuka. Di samping mudah mendatangkan malware juga meningkatkan risiko peretasan kartu kredit hingga akun premium transaksi perbankan Anda.

So, let’s be smart to buy online shopping!