Ragam Permainan yang Mengasah Konsentrasi Balita

79f8694f322a15b3853938e42fc5689645365588.jpeg

Balita memiliki kemampuan konsentrasi berbeda sesuai umurnya. Tapi hal itu perlu dilakukan seiring tumbuh kembang anak. Jangan khawatir, ibu bisa melatihnya sejak dini. Ini beberapa permainan yang bisa menjadi pilihan ibu untuk melatih konsentrasi si kecil.

  1. Puzzle

Permainan puzzle dapat melatih fokus dan konsentrasi si kecil. Menggabungkan gambar, menyesuaikan bentuk keping puzzle satu dengan yang lain akan mendorong si kecil untuk lebih berkonsentrasi.

Selain itu, permainan ini juga melatih koordinasi mata dan tangan. Puzzle juga bisa menjadi media Ibu untuk mengajarkan aneka bentuk dan warna. Sesuaikan saja tingkat kesulitan puzzle dengan usia si kecil ya, bu. Puzzle bisa menjadi alternatif mainan yang menyenangkan dan berguna bagi tumbuh kembang anak.

2. Mewarnai

Selain mengenalkan aneka warna dan bentuk, mewarnai juga membuat anak berkonsentrasi. Saat mereka berusaha mewarnai bagian tertentu, dengan rapi dan tidak keluar garis, saat itulah anak belajar untuk fokus.

Mewarnai juga merangsang kemampuan motorik halus balita loh, bu.

Baca Juga : Melatih Konsentrasi Anak Sejak Dini

3. Bermain Lego atau Menyusun Balok

Lego atau permainan menyusun balok juga bisa jadi pilihan Ibu untuk melatih konsentrasi si kecil. Anak dilatih untuk membuat bangunan yang kokoh, dengan cara menyusunnya dengan benar. Jika tidak, maka bangunannya bisa runtuh. Menyatukan lego atau balok satu sama lain bisa melatih fokus anak.

Tak hanya itu, permainan ini juga bisa membuat imajinasi anak makin berkembang.

4. Pasang Kancing, Pasang Sepatu

Ini adalah cara paling sederhana untuk melatih konsentrasi anak. Biarkan anak memasang kancing bajunya sendiri, juga menggunakan sepatunya. Hal ini juga akan membuat anak lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Selain empat hal di atas masih banyak kegiatan lain yang juga bisa jadi pilihan Ibu. Menentukan batas waktu di setiap permainan juga akan membuat anak semakin berkonsentrasi menyelesaikan permainan tersebut.

Jangan lupa juga untuk selalu memberi dukungan atau memuji anak ketika berhasil menyelesaikan tugasnya ya, Bu. Ini akan membuat anak berusaha lebih fokus dan berkonsentrasi untuk hasil yang lebih baik lagi di masa depan.