Pesona Napoleon di Perairan Anambas

414962e62694beae949c09b15001894d887d3484.jpeg

Anambas adalah salah satu tujuan wisata yang sudah popular di kalangan wisatawan, terutama yang berasal dari mancanegara. Anambas yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Tidak heran, pada bulan April 2012, pulau-pulau ini disebut situs berita terkemuka di dunia, CNN, sebagai pulau tropis terindah di Asia.

Untuk menuju ke Anambas, ada 2 jalur transportasi yang dapat ditempuh. Pertama, melalui jalur laut dengan kapal Pelni KM Bukit Raya yang merupakan pelopor transportasi ke pulau-pulau di Anambas. Perkiraan waktu yang dibutuhkan sekitar 18 jam dari Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang ke pelabuhan laut Terempa di Anambas. Jalur kedua adalah rute udara dengan menggunakan pesawat dari Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang ke Bandara Matak di Anambas. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum dan perahu menuju tempat wisata yang dituju.

Jernihnya air laut, pasir putih yang terhampar luas, beragam biota laut, dan terumbu karang yang unik hanya sebagian kecil dari keindahan Anambas. Untuk yang hobi menyelam, tempat ini adalah surganya untuk melihat keberadaan ikan Napoleon. Ikan ini dikenal sebagai salah satu jenis ikan karang terbesar di dunia dan sering dijadikan indikator kelestarian maupun kesehatan terumbu karang. Situs menyelam Anambas dapat dijumpai di beberapa tempat seperti Penjalin, Layar Tokong, dan Puncak Damar.

Untuk yang belum mahir menyelam, jangan kecewa, datang saja ke Desa Air Sena, Anambas, Kepulauan Riau. Desa ini merupakan salah satu yang terbesar di Anambas dan sebagian besar penduduknya merupakan pembudidaya ikan Napoleon. Ikan yang mempunyai nama latin Chelinus undulates atau disebut juga sebagai ikan ketipas oleh warga sekitar, dibudidayakan di tengah laut dengan cara membuat keramba jaring berlapis 2, dengan ukuran 4x4 meter yang ditopang oleh batang-batang kayu berdiameter 15-20 cm. Di tengahnya dibuat pula beberapa ruas jalan yang terbuat dari papan kayu, digunakan oleh para warga untuk mengontrol ikan-ikannya. Nikmati napoleon yang berwarna kebiruan meliuk-liuk memamerkan tubuhnya yang cantik dari atas ruas-ruas papan tersebut.

Nah, mumpung libur panjang akan segera datang, tidak ada salahnya Ibu merencanakan liburan bersama keluarga untuk menikmati keindahan Anambas dan bertemu ikan napoleon.