Mari Belajar Memilih Ikan Segar

9578ff3915e1f3b3ee02c425471dd4f91846b7fd.jpeg

Membiasakan memakan ikan dalam menu sehari-hari baik untuk kesehatan karena kandungan proteinnya yang tinggi dan kaya asam lemak tak jenuh. Sesekali ajak si Kecil menemani Anda untuk membeli ikan dan ajarkan bagaimana cara memilih ikan yang masih segar, dengan tanda-tanda yang mudah dikenali, seperti berikut ini.

Periksa Kondisi Fisik Ikan

Tanda fisik pertama yang mudah dikenali adalah mata ikan yang berwarna jernih, terlihat basah dan mengkilap, serta tidak cekung. Jika mata ikan terlihat kering, keruh, dan masuk ke dalam, hal ini menunjukkan ikan yang tidak segar atau tidak mendapatkan penanganan penyimpanan yang benar. Selain mata, pilih ikan yang sirip punggung dan ekornya tampak sehat, basah dan utuh. Sirip ikan yang robek, kering, maupun rapuh menjadi tanda ikan salah penanganan atau telah ditangkap dalam waktu yang lama. Periksa juga warna insang ikan. Ketika pertama kali tertangkap, insang ikan terlihat merah cerah dan perlahan menjadi gelap. Semakin cerah warnanya, semakin segar kondisi ikan. Selain itu, insang juga harus bersih dan tidak berlendir, baunya pun juga masih segar dan tidak amis.

Gunakan Jari Tangan

Cobalah menyentuh ikan untuk mencari tanda-tanda kesegarannya. Carilah ikan yang terasa dingin, basah, licin, tapi tidak lengket. Tekan daging ikan dengan jari, jika meninggalkan lekukan maka kondisi ikan sudah tidak segar lagi. Selain itu daging ikan juga harus terlihat mengkilap. Daging yang kusam menandakan ikan sudah tua sehingga rasanya tidak lezat dan nutrisinya pun berkurang. Sentuh sisik ikan dengan perlahan, ikan yang masih segar mempunyai sisik-sisik yang masih mengkilap, tidak kering, dan rontok.

Membeli Fillet Ikan

Jika Anda lebih memilih ikan yang sudah dibersihkan dan dipotong, carilah tanda-tanda visual yang menunjukkan kesegaran ikan tersebut. Lihatlah otot-otot di daging ikan, jika terlihat terpisah maka kondisi ikan sangat tidak segar karena hadirnya enzim alami  dalam jaringan otot yang dapat menurunkan kolagen dalam daging ikan. Selain itu, amati jika ada genangan air yang menandakan kondisi daging ikan yang sudah tidak segar karena kehilangan kemampuan untuk menahan kelembapan. Untuk ikan berwarna putih seperti cod atau halibut, cari daging yang terlihat transparan. Sedangkan untuk daging gelap seperti tuna, atau salmon, daging harus berwarna cerah dan menyolok. Daging ikan yang lengket, kering, atau berkapur dapat menjadi indikasi ikan telah lama berada di lemari pendingin, sehingga sudah kehilangan kesegarannya.

Kenalkan tanda-tanda di atas pada si Kecil untuk meningkatkan pengetahuannya agar dapat memilih ikan yang masih segar ya, Bu.