Manfaat Kalsium bagi Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah

07 - Manfaat Kalsium bagi Tumbuh Kembang Anak Sekolah.jpg

Agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan agar anak selalu sehat, ia membutuhkan asupan gizi seimbang. Salah satu zat gizi yang penting didapat anak selama masa tumbuh kembangnya adalah kalsium. Apa saja sih manfaat kalsium bagi anak? Apa saja makanan sumber kalsium yang baik dikonsumsi anak? Yuk Bu, baca penjelasan singkatnya di bawah ini.

 

Apa manfaat kalsium bagi anak?

Kalsium adalah mineral yang penting untuk menjaga kesehatan, kekuatan dan pertumbuhan tulang. Mengingat masa tumbuh kembang adalah waktu yang terbaik untuk memastikan tulang kita kuat, maka anak perlu mendapat asupan kalsium yang cukup pada masa ini. Dengan begitu, kekuatan tulangnya menjadi oprimal dan mengurangi risiko ia mengalami pengeroposan tulang di masa yang akan datang.

 

Selain itu, kalsium juga membantu agar otot dan syaraf anak dapat bekerja dengan baik. Kalsium juga dibutuhkan dalam proses tubuh melepaskan hormone dan enzim. Nah, apabila anak kekurangan asupan kalsium, maka dalam menjalankan fungsi-fungsi yang disebutkan tadi, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang. Hal ini tentu dapat mengganggu kesehatan dan kekuatan tulang sehingga dapat mempengaruhi aktivitas dan mobilitasnya.

 

Apa saja yang termasuk makanan sumber kalsium?

Susu adalah sumber kalsium yang baik. Begitu juga dengan produk olahan susu seperti keju dan yogurt.  Jika anak tidak bisa mengonsumsi susu, masih ada makanan sumber kalsium lainnya. Yaitu susu kedelai, produk olahan kedelai seperti tahu dan tempe, ubi, kacang-kacangan seperti almond, sayuran berdaun hijau seperti brokoli, pokcoi, bayam dan lainnya, dan jenis-jenis ikan yang bisa dikonsumsi dengan tulangnya seperti ikan sarden dan ikan teri. Selain itu, sumber kalsium juga bisa berupa makanan atau minuman yang difortifikasi dengan kalsium. Misalnya Susu, sereal sarapan, dan makanan atau minuman lainnya yang difortifikasi dengan kalsium.

 

Nah, yang juga penting agar anak bisa mendapat manfaat kalsium secara optimal adalah memastikan anak emndapat vitamin D yang cukup. Karena vitamin D dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium pada tubuh.

 

 

 

Sumber:

https://kidshealth.org/en/parents/calcium.html

https://www.hopkinsallchildrens.org/Patients-Families/Health-Library/HealthDocNew/Calcium-and-Your-Child

https://healthy-kids.com.au/food-nutrition/nutrients-in-food/calcium/

https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition-pictures/calcium-rich-foods-for-kids.aspx