Lomba Balap Karung dan Manfaatnya Bagi Si Kecil

7b5c1e6c83b1208878e4b75e58660db797907da4.jpeg

Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia biasanya diperingati dengan berbagai macam cara. Mulai dari acara seremonial seperti malam tasyakuran, upacara bendera, hingga diadakannya berbagai macam lomba seru dan menyenangkan. Lomba balap karung, lomba kelereng, lomba tarik tambang, dan lomba panjat pinang adalah beberapa macam lomba yang biasanya selalu ada dan tidak pernah absen saat perayaan Hari Kemerdekaan.

Tak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak pun sangat menantikan momen ini. Apalagi saat ini si kecil semakin aktif dan senang mencoba banyak hal baru. Tentu momen Hari Kemerdekaan ini menjadi waktu yang pas bagi si kecil untuk mengikutsertakannya dalam berbagai lomba. Lomba balap karung menjadi salah satu lomba yang bisa diikuti si kecil. Permainannya yang sederhana, bisa dengan mudah diikuti oleh si kecil. Tidak hanya memberikan keceriaan, ternyata dengan mengikuti lomba balap karung si kecil juga akan merasakan manfaat positif dalam perlombaan tersebut. Berikut ini manfaatnya.

 

Memupuk rasa percaya diri

Saat mengikuti lomba balap karung, si kecil akan tampil dan berhadapan di muka umum. Dalam kesempatan ini ia akan melihat anak-anak sebayanya berani untuk tampil dan berkompetisi. Hal ini tentu baik untuk memupuk rasa keberanian dan rasa percaya diri si kecil.

 

Melatih kemandirian

Kemandirian si kecil juga bisa dilatih ketika ia mengikuti lomba. Si kecil diberi kebebasan untuk menuntaskan perlombaan sendiri tanpa bantuan orang tua. Saat mengikuti lomba balap karung, si kecil harus mandiri memasukkan sebagian tubuhnya ke dalam karung, seperti ia mandiri memakai baju sendiri. Dengan demikian, si kecil akan berusaha sendiri yang terbaik dalam mengikuti lomba tersebut.

 

 

Membangun jiwa sportivitas

Saat mengikuti lomba balap karung, Ibu harus menanamkan jiwa sporivitas, bahwa si kecil harus menuntaskan lomba balap karung dengan berusaha keras melompat memakai karung hingga garis finish, bukan dengan mengambil cara termudah dengan berjalan. Dengan begitu, si kecil jadi tahu untuk belajar menghargai proses, bukan hasil.

 

Mengenal kelebihan dan kekurangan diri

Meski terbilang masih kecil, namun si kecil perlu mengenali kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Dengan begitu, si kecil jadi tahu untuk mengasah kelebihannya agar menjadi lebih baik dan mencari cara untuk mengatasi kekurangannya. Misalnya, saat lomba balap karung, si kecil tahu bahwa dirinya belum cukup kuat untuk bisa melompat tinggi dan berlari cepat, sehingga untuk selanjutnya ia akan termotivasi untuk lebih giat berolahraga agar koordinasi gerak tubuhnya lebih baik.

 

Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Mengikuti lomba bukan semata-mata menang atau kalah. Manfaatkanlah momen perlombaan balap karung untuk membantu meningkatkan kemampuan bersosialisasi si kecil. Berlomba memberi si kecil kesempatan berinteraksi dengan banyak orang. Si kecil pun bisa menjalin pertemanan dengan anak-anak sebaya yang mengikuti lomba.

 

Belajar menghargai kemenangan dan kekalahan

Menang atau kalah lomba itu biasa. Namun, Ibu tetap harus mempersiapkan si kecil untuk menerima kemenangan dan kekalahan dengan baik. Dengan mengikuti lomba, Ibu bisa melatih si kecil agar berjiwa besar saat menerima kekalahan atau sebaliknya mengajari sikap rendah hati ketika menjadi pemenang.

 

Mempererat hubungan orangtua dan anak

Dengan mengikutsertakan si kecil untuk berlomba, Ibu bisa lebih mengenal kepribadian dan juga kemampuan si kecil. Dukungan orang tua sangat penting bagi si kecil. Oleh karena itu, selalu berikan dukungan yang positif agar si kecil bisa merasakan manfaat positif dari mengikuti lomba, sehingga hubungan Ibu dan si kecil pun terjalin semakin erat.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini