Langkah Mudah Ajari Si Kecil Mencuci Baju

8c8c2e1436cc7c0567ad3c040c3974536916b7a7.jpeg

Bangun pagi, menyiapkan sarapan buat si kecil, bersih-bersih rumah sampai mencuci baju hampir menjadi kebiasaan rutin yang dikerjakan oleh ibu rumah tangga. Bahkan untuk hari libur sekalipun ibu masih perlu membereskan semua pekerjaan rumah ini. Housekeeping skill atau kemampuan membersihkan rumah memang tampak sesuatu yang muncul secara natural. Padahal bila diingat-ingat Anda pernah diajari oleh Ibu untuk belajar membersihkan rumah hingga mencuci baju secara mandiri.

Kini, supaya buah hati Anda juga memiliki housekeeping skill yang baik, yuk mulai ajari si kecil dengan mencuci baju yang benar terlebih dulu.

Memisahkan pakaian kotor

Sebelum mengajak si kecil langsung memuci baju, mula-mula kenalkan cara memisahkan pakaian kotor yang akan dicuci. Pisahkan pakaian yang mudah luntur dengan yang tidak. Begitu juga dengan pakaian yang berwarna putih atau terang agar tak mudah berubah warna akibat kelunturan baju yang lain. Bila ada pakaian yang berbahan jeans sebaiknya dicuci terpisah karena mudah luntur juga saat dicuci.

Rendam pakaian kotor

Untuk hasil yang lebih bersih, beberapa orang merendam pakaian kotor terlebih dulu. Cara ini memang terbukti efektif untuk menghilangkan beberapa noda yang membandel. Usai pakaian kotor dipisahkan dalam tempat yang berbeda, mintalah si kecil untuk merendamnya dengan detergen yang sudah disiapkan. Lakukan proses perendaman sekitar 15-30 menit sebelum menguceknya.

Mengucek baju

Setelah pakaian direndam dalam larutan detergen, ajaklah si kecil untuk mengucek baju perlahan agar bisa bersih maksimal. Anak-anak sangat menyukai bagian ini karena dia juga bisa bermain gelembung sabun atau busa. Contohkan cara mengucek yang benar, bila perlu menggunakan papan penggilasan.

Membilas pakaian

Tahapan terakhir dari mencuci tak lain adalah membilasnya dengan menggunakan air bersih. Supaya tidak membuang air terlalu banyak lakukan proses pembilasan ini dua kali saja. Bilasan pertama dapat dilakukan dengan mengucek baju dalam air bersih, baru yang kedua dengan menyiramkan air bersih agar pakaian benar-benar bebas dari busa.

Walau ini merupakan cara mencuci baju secara manual, tetapi secara edukasi hal ini bisa menumbuhkan keterampilan si kecil agar tidak terlalu bergantung dengan mesin cuci. Sebab, bila listrik padam sehingga mesin cuci tak bisa digunakan, dengan modal keterampilan mencuci manual si kecil tetap bisa mencuci bajunya sendiri kelak saat besar