Kebiasaan Sederhana yang Membuat Anak Tumbuh Penuh Kasih Sayang

b43a0d7cb8778f11e2f220a553e533ab3952923a.jpeg

Mengucapkan kata ‘Terima kasih, tolong, dan maaf’ adalah etika sederhana yang wajib diajarkan pada si kecil. Selain etika, si kecil juga harus diajarkan tentang kebiasaan-kebiasaan yang bermanfaat untuk membentuk kepribadiannya nanti. Di usianya yang masih belia, si kecil akan lebih mudah menyerap pelajaran yang Anda berikan, jadi tunggu apalagi? Segera ajari si kecil dari sekarang yuk!

Berbagi mainan dengan teman

Terkadang anak-anak tidak mau berbagi mainan dengan teman yang lainnya. Apalagi kalau mainan tersebut adalah tokoh favoritnya. Bu, hilangkan kebiasaan buruk ini yuk. Katakan padanya, jika dia tidak mau berbagi, nanti seluruh temannya tidak mau lagi bermain dengannya. Dari kalimat tersebut, si kecil akan berpikir  tentang tidak enaknya main sendirian. Dan beberapa menit kemudian, dia pasti akan mulai melepaskan mainannya tadi dan membaginya dengan teman-teman.

Bekerja sama

Kebiasaan kedua yang harus si kecil tahu adalah kerja sama. Dalam kehidupan nanti, kerja sama sangat dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jadi, ayo ajari si kecil dari sekarang. Ketika keluarga besar sedang berkumpul, ajak si kecil membantu menyiapkan makanan, menata meja, atau bahkan mengajaknya mendekorasi ruangan. Hal kecil sperti ini akan membantu menumbuhkan semangat kerja sama dalam dirinya dan meningkatkan kedekatan Anda dengan si kecil.

Berbagi dengan mereka yang membutuhkan

Untuk yang satu ini, peran orang tua sangat dibutuhkan. Sebelum menyuruh si kecil berdonasi, lebih baik mulailah dari diri sendiri. Sisihkan baju-baju yang tidak terpakai dan beberapa buku bekas. Kemudian, ajak si kecil pergi ke panti asuhan dan menyumbangkan barang-barang tersebut. Selama proses donasi berlangsung, si kecil akan banyak bertanya kepada Anda. Mengapa harus dibagikan? Apakah hal ini wajib dilakukan? Dan lain sebagainya. Nah, Anda bisa menjelaskan tentang pentingnya berdonasi dan apa manfaat yang didapatkan dari kegiatan  ini. Dari situ, si kecil akan mulai memahami dan mungkin, bulan depan dia yang akan mengajak Anda untuk menyumbangkan beberapa mainannya.

Anak-anak selalu memiliki rasa ingin tahu yang besar. Berikan pemahaman yang baik agar dia bisa menerapkan kebiasaan sederhana tadi dalam kehidupannya. Semoga ulasannya bermanfaat ya, Bu.