Ingin Tahu Kandungan Nutrisi Popcorn? Simak Labelnya!

93206e587d2e13d003725ab50bee454bf9e3c4a3.jpeg

Untuk menentukan suatu produk kemasan atau tidak, label nutrisi masih menjadi acuan. Dari sana Anda dapat memahami kandungan gizi suatu makanan mupun minuman dalam kemasan. Seiring dengan perkembangan teknologi, hampir semua bahan makanan dan minuman sekarang ini sudah memiliki label nutrisi. Termasuk di antaranya adalah popcorn. Lewat label nutrisi berikut ini, yuk ketahui kandungan gizi dari popcorn.

Kalori

Secara umum, popcorn memiliki kandungan kalori sebesar 150. Hal ini berlaku khususnya untuk popcorn yang dibuat dengan cara microwave. Dari jumlah total kalori tersebut, 90 kalori dari lemak disumbangkan dari lemak.

Lemak total

Makanan ini mengandung lemak total sebanyak 10 gram. Dari jumlah lemak ini, 2,5 gram disumbangkan dari lemak jenuh dan 2 gram lainnya disumbangkan dari lemak trans. Lemak-lemak ini termasuk ke dalam lemak yang tak sehat bagi tubuh. Sedangkan untuk kandungan kolesterol dari microwave popcorn ini nol atau tak mengandung kolesterol sama sekali.

Karbohidrat

Adapun untuk kandungan karbohidrat total camilan yang terbuat dari jagung ini sebesar 16 gram. Dari jumlah ini, terkumpul 3 gram serat. Karena popcorn memiliki rasa yang manis atau tak ditambahkan gula sama sekali, maka camilan ini tak mengandung gula sama sekali. Hal ini sesuai dengan informasi dalam label nutrisi.

Protein dan sodium

Sementara untuk kandungan protein dalam popcorn sebanyak 3 gram. Jumlah ini terbilang kecil, karena pada dasarnya jagung memang bukan menjadi sumber utama protein, seperti daging, ikan dan telur. Sedangkan untuk kandungan sodiumnya adalah sebesar 280 mg. Angka ini sesuai dengan standar diet 2.000 kalori.

Vitamin dan mineral

Berbeda dengan beberapa kandungan nutrisi sebelumnya, popcorn tidak mengandung vitamin A maupun C yang lazim dalam label nutrisi. Begitu pula kandungan mineralnya. Popcorn tidak memiliki kandungan kalsium, hanya zat besi sebanyak dua persen dari kalori total.

Informasi ini didasarkan dari keterangan Food and Drug Administration America dalam laman resmi mereka. Semoga berguna ya, Bu.