Ide Permainan Anak Laki-laki Saat di Rumah Saja

alt-1b.jpg

Bu, anak laki-laki biasanya menyukai aktivitas fisik dimana ia banyak bergerak. Ketika harus di rumah saja, mungkin anak jadi merasa bosan karena aktivitasnya menjadi terbatas. Tak usah pusing, Bu. Ada banyak kok permainan anak laki-laki usia 3 - 6 tahun yang tetap bisa dilakukan saat sedang di rumah saja. Tentunya permainan anak laki-laki ini juga bisa dilakukan oleh anak perempuan. Mau tau apa saja? Yuk, simak beberapa ide permainan anak laki-laki saat di rumah berikut ini.

  1. Berburu harta karun

Berburu harta karun memang selalu bisa jadi pilihan aktivitas seru bagi anak. Ibu bisa membuat peta, petunjuk dan bahkan alur cerita, dan harta karun yang disesuaikan dengan kesukaan anak. Misalnya, sebagai permainan anak laki-laki, Ibu bisa membuat aktivitas berburu harta karun dengan tema bajak laut, petualang, bahkan penjelajah luar angkasa.

 

  1. Permainan bola dalam ruang

Ada banyak permainan bola yang dimodifikasi dari cabang olahraga untuk dimainkan bersama anak di dalam rumah. Misalnya bermain bowling atau bola basket. Untuk permainan bowling, Ibu dapat memanfaatkan botol air bekas, bola ukuran sedang, dan membuat jalur di lantai menggunakan lakban. Untuk bermain bola basket, ganti bola dengan gulungan kaus kaki dan gunakan keranjang atau ember plastik kecil.

 

  1. Tempat cuci mobil

Ajak anak pura-pura menjadi petugas tempat cuci mobil. Aktivitas ini tentu sebaiknya dilakukan di halaman rumah ya, Bu. Sediakan ember berisi air atau selang dan sabun cuci piring beserta spons. Kemudian ajak anak mencuci mainan mobil-mobilan yang ia miliki. Atau bahkan sepede miliknya. Anak pasti senang bisa bermain dengan mobil-mobilan favoritnya sekalian main air.

 

  1. Membuat kostum superhero

Siapa sih superhero favorit anak ibu? Yuk, ajak ia membuat kostum superhero kesukaannya dari bahan-bahan yang ada di rumah. Ibu bisa memanfaatkan kardus bekas, lakban, spidol, cat akrilik, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membantu anak jika hada bagian yang harus menggunakan gunting ya, Bu. Saat menggunakan cat, pastikan anak mengenakan celemek atau baju lamanya yang tidak apa-apa jika terkena noda cat.

 

  1. Membangun benteng

Yuk ajak anak membangun benteng di dalam rumah. Sesuai dengan usia anak, benteng yang dibuat bisa menggunakan berbagai benda. Misalnya menggunakan bantalan sofa, memanfaatkan kursi, meja dan kain seprai, atau menggunkan kardus bekas. Selain benteng, anak juga bisa membuat kemah dengan bahan-bahan yang sama.

Masih ada banyak ide permainan anak laki-laki maupun anak perempuan yang bisa dilakukan walau di rumah saja. Mislanya bermain musik dengan alat-alat yang ada di rumah, bermain tebak gambar, board game, dan lain sebagainya.

 

 

Sumber:

https://www.todaysparent.com/toddler/20-fun-indoor-games/

https://www.parents.com/fun/activities/indoor/kids-indoor-games-activities/

https://www.fathermag.com/activities-for-boys/