Bantu Si Kecil Ekspresikan Perasaan Lewat Kursus Seni

3bdd3b7173fc3823b53de8f86ab98e44c8f0a13f.jpeg

Seni bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Namun bagi anak-anak, seni adalah media menyampaikan emosi yang tidak bisa dia bicarakan. Meskipun karya si Kecil tidak sebagus Vincent Van Gogh atau Donatello, ada sentuhan kehangatan dan kasih sayang di baliknya. Nah, agar kemampuannya semakin baik ikutkan dia ke kursus seni yuk.

Biasanya kursus seni diadakan di akhir pekan untuk mengisi waktu liburnya. Ada berbagai kelas yang bisa dia coba seperti kelas tari, kelas musik, kelas melukis, kelas gambar, hingga kelas membantik. Khusus kelas yang terakhir ini, si Kecil bisa mendapatkannya di Museum Tekstil Jakarta saat musim liburan atau di Museum Batik Yogyakarta.

Selain menyampaikan emosi, lewat kursus seni dia juga mendapatkan banyak manfaat lho, seperti berikut ini.

Seni menghapus rasa bosan

Di usia yang masih sangat kecil, anak-anak mudah sekali merasa bosan. Untuk mengatasinya, dorong dia untuk menuangkan isi kepalanya dalam selembar kertas dan pensil warna. Biarkan dia berimajinasi dan berkarya sesuka hati karena dengan cara ini rasa bosannya akan hilang. Nah, beberapa anak malah ketagihan dan minta kertas lagi ketika kertasnya yang pertama sudah penuh.

Meningkatkan kemampuan belajarnya

Sebagian orang tua mungkin menganggap kalau seni itu tidak penting. Padahal, lewat seni kemampuan akademik si Kecil bisa ikut meningkat lho. Menurut American for the Arts, mengikuti kelas seni sangat bermanfaat dalam membantu si Kecil mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, dan bahasanya. Selain itu, seni juga meningkatkan kemampuan memoriy dan konsentrasinya, meningkatkan komunikasi dan ketrampilan mendengarkan, serta membantu mereka dalam bersosialisasi dengan sesama.

Di tahun 2006 ada sebuah studi dari Guggenheim Museum yang menunjukkan bahwa seni juga membantu anak-anak meningkatkan kemampuan memahami aksara, khususnya bagi mereka yang baru belajar membaca.

Media komunikasi

Seni bisa menghubungkan manusia dari berbagai kalangan. Lewat seni juga, si Kecil bisa menyampaikan pendapatnya tanpa repot-repot menyusun kalimat. Bahkan, bagi beberapa orang seni merupakan media yang sangat tepat untuk menyampaikan perasaan pada orang tersayang.

 Hebat ya manfaat seni bagi si Kecil?  Yuk segera daftarkan si Kecil ke kursus seni