Bantu Ibu Melipat Baju Yuk!

30582dc2f7008b42ee445b8389b9408781048e24.jpeg

Pekerjaan rumah memang tidak ada habisnya ya, Bu. Daripada membiarkan si Kecil diam di rumah, ajarkan tugas-tugas sederhana yang juga dapat melatih kemampuan kognitifnya. Salah satu tugas ringan yang bisa Ibu berikan adalah melipat pakaian. Agar si Kecil happy melakukannya, simak dulu tips-tipsnya berikut ini ya.

Sesuaikan dengan Umur

Berikan tugas yang sesuai dengan umur dan kemampuan anak ya, Bu. Misalnya untuk yang berusia 3 tahun dapat mencari pasangan kaus kaki dan menumpuknya menjadi satu. Hal yang sederhana ini dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan, sekaligus mengenali nama warna atau motif.. Sedangkan untuk yang lebih besar bisa diajarkan bagaimana melipat handuk kecil atau lap berbentuk kotak sederhana, untuk melatih motorik jari-jari tangan dan kemampuan mengikuti arahan. Tingkatkan kesulitannya seiring kemahirannya ya.

Ajarkan dengan Permainan

Suka bermain boneka-bonekaan? Sesekali ajak untuk mencuci pakaian boneka kesukaannya kemudian ajari untuk melipat baju-baju yang mungil untuk diletakkan ke sebuah kotak. Puji saat si Kecil mau melakukannya dengan senang hati, walaupun hasilnya mungkin masih berantakan.

Gunakan Lagu dan Petunjuk yang Lucu

Anda juga bisa menggunakan irama lagu untuk mengarahkan si Kecil dalam melipat baju. Selain membuat kegiatan jadi menyenangkan, juga tidak membuat anak tertekan. Boleh juga memakai petunjuk-petunjuk yang lucu dalam melipat pakaian, misalnya melipat handuk di bagian yang terpanjang disebut melipat hotdog, sedangkan untuk bagian yang pendek disebut lipatan hamburger. Selain menarik perhatiannya, kata-kata baru dapat diajarkan untuk mengembangkan kemampuan bahasanya.

Jadikan sebagai Sebuah Permainan

Melipat baju sebagai permainan? Boleh juga tuh. Berikan beberapa helai handuk kecil atau saputangan lalu beritahukan pada si Kecil bahwa yang tercepat atau terbanyak melipatnya adalah pemenangnya. Anak yang masih muda biasanya punya sifat kompetitif yang lumayan besar. Berikan semangat pada saat anak merasa kesulitan dan tunjukkan cara melipatnya dengan sabar.

Beri Penghargaan

Selain pujian, Ibu dapat memberikan penghargaan lain atas bantuan yang diberikan si Kecil, misalnya pelukan, kudapan sehat favorit si Kecil, atau stiker dengan kartun kesukaannya. Melihat usaha kerasnya dihargai, tentunya dapat menumbuhkan kepercayaan diri, mengasah rasa simpati pada orang lain, dan meningkatkan kemampuan-kemampuan sederhana yang nantinya akan berkembang hingga dewasa nanti.

Cukup seru ya mengajak si Kecil membantu melipat baju. Semoga cara-cara di atas dapat membantu meringankan pekerjaan Ibu ya.