Anak Dekat dengan Pengasuh? Tak Perlu Cemburu, Bu

5b1fc080aa8630d4602b5a0e2004a39589690524.jpeg

"Kenapa anak berlaku manis dengan pengasuhnya, tapi berubah menjadi "monster" cilik begitu ada saya?"

Pertanyaan ini mungkin sering terlintas di pikiran Ibu ketika melihat sang buah hati terlihat lebih manut saat bersama pengasuhnya. Tapi, Ibu tak perlu khawatir, kok.

Seperti ditulis trio Arkene Eisenberg, Heidi Murkoff, dan Sandee Hathway dalam buku What to Expect the Toddler Years, fenomena itu sebenarnya hal wajar. Ibu pun tak perlu cemburu kepada pengasuh.

"Seharusnya Ibu merasa tersanjung karena sikap itu menandakan anak merasa aman dan yakin bahwa orang tua tak akan meninggalkan mereka, bahkan meski bertingkah laku kurang menyenangkan," tulis buku tersebut.

Menurut buku itu lagi, sikap itu bisa juga berarti bahwa si kecil mulai menegosiasikan kebebasan individunya. Dan, perubahan menjadi "monster" itu adalah wujud menguji batas-batas dan aturan yang pernah Ibu berikan kepadanya.

"Bukan berarti bahwa posisi Ibu tak telah tergantikan. Bisa jadi, kenyamanan yang ditunjukkan saat bersama pengasuh semata-mata karena anak merasa batas aturan menjadi lebih longgar saat bersama pengasuh," demikian kata Arkene Eisenberg Cs.

Meski begitu, tak ada salahnya Ibu tetap berusaha menjaga kedekatan dengan si kecil. Berikut beberapa tips yang bisa Ibu lakukan:

Baca Juga : Membaca Kerewelan Anak

- Rajin Berkomunikasi
Komunikasi adalah kunci setiap hubungan. Jadi, usahakan Ibu tetap terus menghubunginya bahkan saat terjebak dalam kesibukan pekerjaan. Siasat lain, seperti dikutip dari laman ParentsIndonesia.com adalah mematikan radio dan musik yang ada di kendaraan saat Ibu mengantarnya ke sekolah atau playgroup supaya kalian bisa mengobrol.

- Makan Bersama
Seletih apapun Ibu saat sampai di rumah usai seharian bekerja, sempatkan untuk selalu makan bersama pada malam hari. Secara tak langsung, hal ini akan mengajarkan si kecil kedisiplinan. Sekaligus memberikan Ibu waktu untuk mengobrol dengan si kecil.

- Tegas dalam Aturan
Seperti yang disampaikan Arkene Eisenberg Cs tadi, bisa jadi perubahan si kecil menjadi "monster" adalah siasatnya untuk menguji konsitensi Ibu soal aturan-aturan yang pernah dibuat. Jadi, tegaslah dengan aturan dan kesepakatan tersebut. Namun, jangan lupa menjelaskan kepada si kecil alasan dan manfaat aturan tersebut agar ia belajar memahami.

Nah, itu tadi beberapa siasat yang bisa Ibu lakukan untuk tetap dekat dengan sang buah hati. Ingat, Ibu tak perlu cemburu kepada pengasuh. Selamat mencoba, Bu.