Ajak Si kecil Merapikan Rumah Yuk!

40cb9bcd685ddc9e0a6fe881c38a873f8edb238d.jpeg

Sepulang dari kerja dan melihat rumah berantakan? Pasti sedikit membuat stres ya, Bu. Apalagi jika sudah sangat kelelahan karena aktivitas seharian di kantor. Umumnya, rumah berantakan karena mainan anak yang tercecer dimana-mana. Nah, daripada memarahi si kecil karena sudah membuat rumah berantakan, mending mengajaknya merapikan maianan tersebut bersama-sama.

Mulai dari mainan
Hal pertama yang mesti Anda beritahukan pada si kecil adalah memunguti kembali mainan yang sudah berserakan dalam rumah. Ambil satu per satu dan masukkan ke dalam keranjang mainan. Biar lebih seru, ajak anak bermain cepat memasukkan mainan tersebut ke dalam tempatnya. Jika si kecil menang, sepotong kue dan smoothie beri bisa Anda hadiahkan.

Menyapu
Seolah menjadi hal yang mutlak, rumah bakal kotor setelah seharian ditinggal kerja ke kantor. Kini, Anda bisa mulai mengajak buah hati membersihkan rumah bersama. Misalnya, si kecil yang merapikan benda di ruangan rumah, Anda yang menyapu atau membersihkan lantai dengan vacum cleaner.

Mengepel
Bisa jadi selama si kecil berada di rumah, sempat menumpahkan minuman atau cairan yang bisa menyebabkan lantai rumah kotor. Mumpung Anda sudah pulang, sekalian bereskan lantai rumah dengan mengepelnya. Bersihkan sembari mengedukasi anak, agar tidak mengotori lantai. Jika lantai kotor dan licin akan menyebabkan kuman bersarang, serta gampang membuat dia terpeleset.

Mencuci piring dan baju
Dan, yang paling sering ditemukan adalah baju kotor dan tumpukan bekas piring makan  yang menggunung di dapur. Masih bisa Anda manfaatkan si kecil untuk terlibat di dalamnya. Anda bisa sekalian mengajari si kecil mencuci baju di mesin cuci dan membersihkan piring kotor hingga mengeringkannya.

Lewat serangkaian kegiatan ini, buah hati Anda akan tumbuh menjadi anak yang mandiri  dari kesalahan yang dia lakukan sendiri. Kabar gembiranya lagi, rumah Anda kini kembali bersih dengan bantuan si kecil, tanpa perlu memarahinya. Hebat bukan?