Tips Menata Meja Kerja

b68b9001fc9aa1b2f5161ec445880aef409f4564.jpeg

Meja kantor yang tertata rapih dapat membuat Anda merasa nyaman dalam bekerja. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menata meja kantor?

Di kantor, kita mungkin dituntut untuk bisa bekerja dengan meja kerja yang rapi. Karena selain akan memudahkan kita bekerja, yang akhirnya mendukung efektivitas dan efisiensi, juga dapat mendukung kesehatan kita.

Malah untuk kondisi tertentu, tingkat kerapian meja kerja seseorang dapat merepresentasikan kualitas karakter atau suasana batinnya. Misalnya orang yang sedang kacau pikirannya atau yang masih tidak bisa me-manage langkahnya, akan cenderung tidak bisa mengelola meja kerjanya juga.

Tapi namanya juga kehidupan di kantor, tentu tidak mungkin juga kita punya meja kerja yang terus rapi, selalu bersih dari dokumen, dan selalu tertata dengan cantik. Karena setiap saat kita dituntut untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan kerja yang terus berubah dan mengandung berbagai kejutan. Ini mendorong kita untuk harus siap dengan berbagai "kekacauan".

Makanya, di satu sisi kita harus berusaha punya meja kerja yang rapi, tapi di sisi lain, kita harus bisa mentoleransi kenyataan kerja yang terkadang kacau.

Di sini keseimbangan berpikir penting. Sebab kalau tidak, akan menganggu pikiran. Misalnya, bila kita obsesif harus rapi terus, sementara kenyataan tidak bisa begitu, akhirnya kita terbebani oleh konflik antara kenyataan dan keinginan. Namun, di sisi lain, kalau kita terlalu mengikuti kenyataan atau terlalu toleransi dengan lalu lintas kerja, dipastikan meja kita akan berantakan terus.

Jadi bagaimana? Untuk menambah tips yang sudah Anda miliki, bisa dicoba juga tips di bawah ini:

Harus Punya Jadwal Tersendiri.

Buatlah jadwal khusus berbasis harian, mingguan atau bulanan untuk menata meja kerja beserta seluruh kaitannya, misalnya setiap pagi hari. Ini akan membantu supaya Anda tidak terganggu oleh kekacauan meja pada saat Anda harus memikirkan pekerjaan.

Memilih Berdasarkan Prioritas

Tentukan barang, peralatan, atau dokumen yang harus diletakkan di meja. Jangan semuanya. Ini malah membuat bingung. Pilihlah berdasarkan prioritas kebutuhan.

Yang Penting Di-Manage

Selera orang mengenai penataan meja kerja bisa bermacam-macam. Ini tidak bisa diganggu gugat. Tapi, yang terpenting adalah ter-manage dengan baik. Kriteria dasarnya adalah mudah saat mencari sesuatu, aman menaruh sesuatu, dan tidak menganggu pandangan atau kepentingan orang lain.

Semoga bisa menginspirasi!