Sempurna: Menikmati Alam

ded841318331508c0fdc79385b5a5be515e9653e.jpeg

Langit biru, rerumputan hijau, kilau danau yang diterpa sinar mentari... Menikmati pemandangan alam bisa menenangkan jiwa dan menghilangkan kelelahan mental. Ide sempurna untuk recharge jiwa dan raga bukan?

Punya rencana apa akhir pekan kali ini? Coba isi hari libur yang akan datang dengan mendekatkan diri ke alam. Kegiatan ini mampu membawa perubahan positif. Bayangkan, sekadar melihat gambar pemandangan alam saja ternyata mampu meningkatkan daya ingat dan membuat kita tetap fokus hingga 20%, demikian temuan riset yang dimuat dalam jurnal Psychological Science yang diterbitkan oleh University of Michigan. Selain itu, “Berinteraksi dengan alam memiliki efek yang sama dengan bermeditasi,” ujar Marc. G. Berman, salah seorang penelitinya.

Cukup dengan 5 menit beraktivitas di alam hijau, hal ini mampu memberikan manfaat bagi kesehatan mental kita.

"Green Me Time"
Berbagai aktivitas fisik yang kita lakukan di alam terbuka, seperti berjalan di taman, menulis blog pribadi di taman belakang atau hiking di alam terbuka yang indah dapat menurunkan risiko penyakit mental dan meningkatkan self-esteem. Berapa lama waktu yang diperlukan mungkin berbeda-beda bagi setiap orang. Kita bisa merasakannya sendiri. Begitu pula jenis aktivitas yang dilakukan. Penelitian mengenai efek jalan kaki, bersepeda, memancing, berkuda, dan berkebun di alam terbuka ternyata manfaatnya dirasakan berbeda-beda pada setiap orang. Namun, yang paling terasa adalah efeknya yang mampu menstabilkan emosi. Akan sangat baik jika semua orang bisa melakukan me time dengan melibatkan alam. Adanya elemen air bahkan dapat memberikan manfaat yang lebih dalam menimbulkan efek menenangkan dan fokus. Perbaikan kesehatan mental jangka pendek merupakan pelindung kesehatan kita dalam jangka panjang. Hal ini juga berpengaruh dalam pembentukan self-esteem positif. Perasaan sehat mampu membuat kita menghargai diri sendiri dalam perspektif positif. Inilah dasar bagi kepercayaan diri yang kuat dan tentunya pencapaian dalam hidup.