Rencana Kerja Setahun Mendatang

6ea5efb6671021aad75638a19ad7d7ecd7ff5dd1.jpeg

Hukum keseimbangan telah diterapkan Tuhan ke seluruh makhluknya, termasuk pada kita. Pilihannya adalah apakah kita mau menaati atau tidak. Kita diberi kebebasan untuk memilih, kecuali memilih konsekuensi dari pilihan kita.

Mau terima atau tidak, kita harus berusaha seimbang antara urusan kantor dan urusan rumah. Jika kita memilih mengabaikan, sadar atau tidak, pasti akan ada konsekuensi yang tidak bisa kita pilih, misalnya mis-komunikasi dalam keluarga, kinerja kantor menurun, dan seterusnya. 

Ibarat kita berjalan, jika keseimbangan hilang, maka pasti kita akan jatuh atau berjalan tidak sempurna. Bahkan bisa saja menabrak. Bagaimana supaya bisa kita seimbang antara urusan kantor dan rumah?

Cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga keseimbangan adalah membuat perencanaan kerja, misalnya rencana tahunan. Rencana akan membantu kita menjaga keseimbangan karena kita tahu apa yang harus kita lakukan untuk kantor dan untuk  rumah.

Rencana akan membuat kita tidak hanyut dan larut ke dalam realitas.

Selain itu, rencana tahunan akan membantu kita dalam mengambil keputusan, menunjukkan arah langkah kita, dan juga dapat menyelamatkan kita dari wasteful activities

Bagaimana supaya kita bisa membuat perencanaan? Inilah langkah-langkah yang perlu kita tempuh:

Tujuan

Tujuan adalah sasaran dari apa yang kita lakukan. Tetapkan sejumlah sasaran yang ingin Anda raih di kantor  dan di rumah seseimbang mungkin.

Aktivitas

Jelaskan aktivitas yang harus Anda lakukan, bisa berbasis harian, mingguan, atau bulanan, agar tujuan itu tercapai.  Misalnya merencanakan outing bersama keluarga sebulan sekali.

Komunikasi

Komunikasikan poin-poin yang penting kepada pasangan (jika menyangkut urusan keluarga) atau sesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan kantor. Jangan sampai membikin rencana yang tidak sinkron.

Ordered & Flexibillity

Ordered artinya teratur dan fokus pada tujuan, sementara flexibility pengertiannya adalah mudah beradaptasi. Jalankan rencana seperti orang naik sepeda. Kita harus tetap fokus pada tujuan, namun kita bisa menyesuaikan dengan keadaan, dengan melihat kanan-kiri, menambah keahlian, dan kontrol-diri

Doa dan berbuat baik

Manusia merencanakan dan Tuhan menentukan. Untuk mendapatkan ketentuan yang baik, syaratnya adalah banyak berdoa dan beramal kebaikan kepada manusia.

Bagaimana kalau rencana kita tidak terwujud? Selama kita sudah menjalankan secara sungguh-sungguh, maka sampai pun rencana kita belum terwujud, itu sudah membuat kita untung.  Mungkin kita akan mendapatkan hal yang sama atau yang lebih baik.  

Seperti kata Mantan Presiden Amerika,  Eisenhower,  "In preparing for battle I have always found that plans are useless, but planning is indispensable." 

Semoga bermanfaat