Produktif di Tempat Kerja

f839fcc598956e09fcacf7df64f12526f6de524e.jpeg

Kompetisi di tempat kerja sudah pasti ada dan akan selalu ada. Cara yang paling abadi untuk memenangkannya bukan dengan mengalahkan orang lain. Meski ini kelihatannya benar, tapi itu bukan yang sebenarnya.

Jadi, cara apa yang sebenarnya? Kalau melihat praktek hidup, cara yang sebenarnya adalah dengan menjadi pemenang atas diri sendiri (self-winning).

Menirukan nasehat Stephen Covey, penulis buku Seven Habits yang terkenal itu, menjadi pemenang atas diri sendiri berarti kita harus berusaha menjadi "the best" bagi diri kita dan atas diri kita.

Supaya bisa menjadi the best, pasti dibutuhkan kemampuan untuk mengalahkan dan mengarahkan dorongan batin yang membuat kita tidak produktif. Bentuknya antara lain:

Kalahkan dorongan batin yang membuat Anda memikirkan hal-hal yang Anda KESALKAN, misalnya situasi kantor yang kurang OK, teman kerja yang tidak suportif, dan lain-lain. Ini pasti akan membuat kita tidak produktif, di samping juga berpotensi menambah dosa dan mengundang penyakit.

Gantinya, alihkan fokus untuk memikirkan apa yang kita INGINKAN, misalnya perkembangan kita, target kita, tujuan kita, cita-cita kita, juga teman kerja yang baik, suasana kantor yang enak, dan seterusnya.

Kalahkan dorongan batin yang membuat kita memikirkan hal-hal yang TIDAK MAMPU KITA LAKUKAN/ kita capai pada hari itu. Ini pasti membuat kita tidak produktif, tidak kreatif, dan tidak efektif.

Gantinya, lebih fokuslah memikirkan apa yang BISA KITA LAKUKAN atau kita capai hari ini dengan menggunakan apa yang sudah ada untuk mencapai apa yang kita inginkan itu. Buatlah program yang menantang. Hasilnya pasti lebih produktif.

Kalahkan dorongan batin yang membuat Anda selalu MENGKHAYALKAN apa yang tidak Anda miliki atau mengidealisasikan kehidupan lain. Ini bisa membuat kita merana, selain juga pasti tidak produktif.

Gantinya, syukurilah apa yang sudah kita miliki dengan mengoptimalkan penggunaannya supaya nikmat yang kita dapatkan bertambah. Syukurilah kenyataan hari ini, bukan dengan menerimanya secara pasrah-lemah, tapi dengan sikap mental yang positif.

Semoga bermanfat dan bisa kita jalankan.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini