Pikiran Penat Awal Dari Hidup Tak Sehat

2d1acd8d6bd5b91565197b81fd6ac5e60ce84009.jpeg

Hampir setiap detiknya otak bekerja cukup keras untuk berpikir. Belum lagi, jika kesibukan Anda cukup tinggi, otak bisa berkali-kali lipat untuk mentransfer memori agar bisa terus berpikir. Karena kinerja otak memiliki batasan, tak heran jika tidak berhenti berpikir maka dalam jangka beberapa waktu kesehatan akan mengalami gangguan. Hal yang paling mudah untuk ditemukan munculnya penat hingga stres yang berkepanjangan. Bila hal ini terjadi secara berlarut-larut maka akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Supaya pikiran kembali segar dan tubuh kembali bugar, lakukan hal-hal sebagai berikut.

Carilah teman dekat
Kadang tekanan dalam pikiran sering terjadi lantaran terlalu serius dan tegang saat bekerja. Cobalah untuk relaks dan mencari teman untuk berbagi. Jangan pernah menganggap bisa menyelesaikan masalah sendiri, karena pada akhirnya setiap orang membutuhkan solusi dan masukan dari orang lain untuk memudahkan menyelesaikan masalah.

Makan sehat
Kinerja otak akan selalu dipengaruhi oleh asupan nutrisi dalam tubuh. Jika pola makan teratur dan kaya sumber gizi, seperti protein, buah dan sayur, maka otak dapat bekerja lebih maksimal. Sajikan juga gandum agar semakin meningkatkan pasokan energi ke otak.  Proses berpikir akan lebih lancar dan tidak mudah mengalami kejenuhan, ujar Joseph Goldberg, MD., Ahli Gizi sekaligus supervisor rubrik kesehatan di WebMD.

Perbanyak minum air putih
Menurut Dr. Joseph, air putih juga dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Di samping itu, air putih bisa meningkatkan kadar oksigen dalam darah, sehingga otak selalu dalam kondisi segar dan dapat bekerja lebih optimal. Sebaliknya, jangan terlalu banyak minum kopi, karena bisa membuat tubuh menjadi gelisah, khawatir dan gampang penat.

Olahraga teratur
Selain makan dan minum secara sehat, lakukan juga olahraga yang teratur. Dr. Joseph mengatakan olahraga dapat menjadi obat anti depresi alami, sehingga bisa menguraikan beban pikiran yang bersarang di kepala. Luangkan waktu 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Selain akan membuat pikiran lebih segar, juga akan membuat jantung menjadi lebih sehat.

Demikian langkah mudah yang dapat Anda lakukan bersama si kecil dan keluarga, agar tidak mudah penat dan memiliki tubuh yang lebih sehat.