Pentingnya Kesehatan Mental dan Cara Tepat untuk Mengelolanya di Masa Pandemi

Pentingnya Kesehatan Mental dan Cara Tepat untuk Mengelolanya di Masa Pandemi.jpg

Lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan jauh dari teman-teman serta orang terkasih merupakan salah satu hal tersulit di masa pandemi. Kondisi yang tidak mudah ini pun membuat banyak orang yang mengalami stres, gelisah, cemas dan depresi.

Tapi, di samping itu, momen ini juga menyadarkan kita pentingnya menjaga kesehatan mental, disamping tetap menjaga kesehatan fisik secara menyeluruh sehingga kita bisa tetap fit. Nah, berbicara soal kesehatan mental, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memiliki keseimbangan hidup yang lebih baik.

 

Menulis atau Membuat Jurnal

Seringkali kita merasa sedih, marah atau kecewa. Tapi, seberapa sering kita benar-benar memahami alasan perasaan tersebut? Untuk memahami perasaan dan emosi yang dirasakan, menulis jurnal bisa menjadi salah satu alternatif untuk dilakukan.

Selain itu, menulis jurnal juga bisa membantu kita lebih memperhatikan kebiasaan sehari-hari, memperkuat fungsi emosional dan juga mengurangi tingkat stres. Tanpa sadar, menulis jurnal dapat membantu kita mengenali pemicu berbagai perasaan negatif yang muncul di kehidupan sehari-hari yang kemudian bisa kita olah kembali agar tidak menimbulkan stres berlebih.

 

Yoga

Yoga dan meditasi adalah dua hal yang sangat berkaitan. Yoga merupakan salah satu olahraga yang mengkombinasikan latihan pernapasan, meditasi dan juga pose. Selain membuat tubuh lebih fleksibel dan bugar, yoga juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi ini karena bisa membantu mengendalikan stres.

Ada banyak jenis yoga yang bisa kamu lakukan, mulai dari yoga di pagi hari sampai gerakan yoga untuk membantu tidur di malam hari. Terdapat berbagai tutorial di internet yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

 

Memasak

Kalau ditanya, apa hubungan memasak dengan menjaga kesehatan mental? Jawabannya sederhana, memasak dapat membantu mengembangkan diri, meningkatkan kreativitas, meningkatkan kesabaran dan tentunya dapat menjadi penyalur stres yang positif.

Terlebih lagi saat kamu berhasil dengan suatu resep, perasaan positif itu bisa mendominasi dan mengurangi perasaan negatif lain. Untuk yang satu ini, kamu bisa mulai memasak makanan atau membuat kue favorit kamu.

 

Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang tersayang merupakan salah satu cara yang juga bisa menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres. Terdengar sangat sederhana mungkin, namun dengan mengelilingi diri dengan orang yang suportif dan penuh dengan kasih sayang dapat membuat kita merasa lebih tenang, dan tentunya bisa membantu di masa sulit.

 

Memperhatikan Asupan Gizi dari Makanan dan Minuman

Pernahkah kamu memperhatikan perubahan yang terjadi saat kamu memulai hari dengan sarapan dan tanpa sarapan?

Umumnya, melewatkan sarapan dapat membuat kita menjadi kurang bertenaga, bahkan linglung saat beraktivitas.

Selain itu, pernahkah kamu memperhatikan perubahan positif yang kamu rasakan saat kamu mengubah gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi?

Makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan mental, loh. Pasalnya, Zat gizi yang diserap oleh tubuh berperan dalam proses kimia yang terjadi di dalam tubuh untuk menjaga kesehatan mental. Makanya, sangat disarankan untuk mulai mengkonsumsi makanan bergizi, tidak hanya untuk kesehatan fisik, namun juga mental.

Untuk kamu yang sibuk, ada banyak pilihan kandungan makanan dan minuman yang bergizi untuk menjadi asupan sehari-hari, salah satunya Nestlé GOODNES, minuman yang mengandung kebaikan susu sapi dengan pilihan rasa Full Cream dan Kurma untuk menemani kesibukanmu sehari-hari.

Selamat mencoba!