Pastikan Anak Mendapat Manfaat Air Putih dengan 5 Tips Berikut

AUG (8) Pastikan Anak Mendapat Manfaat Air Putih dengan 5 Tips Berikut.jpg

Bu, ada banyak sekali manfaat air putih bagi tubuh anak. Selain menghilangkan rasa haus, manfaat air putih bagi tubuh juga untuk mendukung kerja berbagai fungsi tubuh termasuk metabolisme, pencernaan, pengaturan suhu tubuh, peredaran darah, pelumas, dan sistem imunitas tubuh.

 

Mengingat pentingnya manfaat air putih bagi tubuh, Ibu tentu perlu memastikan anak minum air putih yang cukup setiap hari. Apalagi saat anak sedang aktif bergerak dan memiliki segudang aktivitas. Dalam beberapa kondisi tentu mereka akan membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyakmisalnya saat sedang melakukan aktivitas fisik, cuaca sangat panas atau sangat dingin, juga saat sedang di perjalanan. Anak-anak lebih mudah mengalami dehidrasi dibanding orang dewasa karena mereka memiliki sensibilitas terhadap rasa haus yang lebih rendah.

 

Bagaimana memastikan anak dan anggota keluarga lainnya meminum air putih yang cukup setiap hari? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Ibu coba. Baca, yuk!

 

  1. Jadikan kebiasaan. Ya, untuk memastikan anak mendapat manfaat air putih bagi tubuh tentunya dengan membiasakan anak banyak minum air putih sejak usia dini. Kebiasaan yang dimulai sejak dini tentu akan lebih mudah terbawa terus sampai anak besar nanti. Jadikan air putih minuman utama bagi seluruh anggota keluarga, baik saat makan maupun saat beraktivitas.

     

  2. Batasi menyimpan minuman dengan tambahan gula di rumah. Nah, dengan meminimalisir pilihan minuman di rumah, Ibu dapat mendiring anak untuk minum air putih lebih banyak

     

  3. Penuhi kebutuhan air anak dengan dibagi untuk sepanjang hari. Minum sedikit demi sedikit tentu akan lebih mudah daripada meminta anak minum satu botol air sekaligus. Sediakan notol air di berbagai tempat di rumah dan juga saat sedang keluar rumah. Sehingga anakdan anggota keluarga lainnya bisa minum air dengan mudah sejak bangun pagi sampai menjelang tidur.

     

  4. Sajikan air putih dengan buah atau infused water. Nah, supaya tidak bosan, Ibu dapat membuat infused water dengan memasukkan jenis buah tertentu dalam botol air putih sehingga ada citarasa buah tersebut di air putih yang diminum.

     

  5. Gunakan perangkat minum yang menarik bagi anakseperti gelas, botol minum, atau sedotan dengan bentuk menarik atau dengan karakter kesukaannya. Pilih yang sesuai dengan usia anak sehingga anak dapat menggunakannya dengan mudahmisalnya botol minum yang tutupnya mudah dibuka-tutup sendiri oleh anak.

     

Jangan lupa untuk menjadi teladan bagi anak ya, Bu. Supaya anak cukup minum dan mendapat manfaat air putih bagi tubuh, Ibu tentu juga perlu minum air putih yang banyak pula. Untuk membantu penuhi kebutuhan cairan harian anak, Ibu juga bisa menyajikan buah dan sayur yang mengandung banyak air.

 

***

Topik: Tips agar anak dan anggota keluarga lainnya banyak minum air putih.

 

Sumber: