Mulai Belajar Yoga, Yuk!

cd85184ca59b843e8ed6725eae8a5637a9b136af.jpeg

Manfaat olahraga yoga untuk kesehatan dan kebugaran tubuh membuat banyak orang tertarik untuk melakukannya. Namun, masih banyak pula yang ragu-ragu untuk mengikuti yoga, karena kurangnya rasa percaya diri. Padahal, yoga untuk pemula mudah dilakukan dan bisa jadi kegiatan baru yang menyenangkan.

Hatha yoga merupakan yoga untuk pemula karena gerakan-gerakannya cukup mudah untuk dilakukan. Gerakan-gerakan hatha yoga cenderung mudah diikuti, dan lebih difokuskan pada pernapasan dibandingkan gerakannya sendiri. Dalam hatha yoga juga dipelajari asana (postur-postur yoga) serta pranayama (latihan pernapasan), yang akan melatih tubuh dan pikiran untuk berkonsentrasi dalam meditasi.

Hatha yoga juga cocok untuk meregangkan otot-otot tubuh sehingga setelah melakukannya, tubuh akan terasa lebih relaks. Jadi bagi yang baru ingin mencoba, hatha yoga sangat cocok untuk pemula.

Jadi, tak perlu takut memulai yoga untuk pemula. Berikut tips-tips lain agar tidak lagi ragu memulai yoga:

1. Tak Perlu Minder

Saat baru pertama mengikuti kelas yoga, tidak perlu minder melihat peserta lain sudah bisa melakukan gerakan-gerakan yang sulit. Mereka juga awalnya pemula, sehingga tidak perlu malu untuk mulai belajar. Siapapun bisa melakukan yoga, asal rajin berlatih.

2. Tak Perlu Takut dengan Gerakan Yoga

Kebanyakan orang yang baru memulai yoga merasa tidak dapat melakukan gerakan-gerakan yoga yang terlihat sulit. Tak perlu terlalu dipikirkan, lakukan saja. Ikuti petunjuk dari instruktur yoga dan tubuh akan menyesuaikan diri perlahan-lahan tanpa disadari. Ini yang membuat gerakan yoga untuk pemula mudah saja dilakukan.

3. Jangan Memaksakan Diri

Yoga untuk pemula memang akan sulit awalnya, namun tidak perlu memaksakan diri. Bila ada gerakan yang sulit diikuti atau pose yoga yang tidak dapat dilakukan, tak perlu pusing. Lakukan sebisanya sambil berlatih perlahan-lahan agar bisa mengikuti gerakan tersebut dengan baik.

4. Sabar

Kunci dari yoga untuk pemula adalah sabar. Gerakan yoga membutuhkan kesabaran untuk dipelajari, agar manfaatnya lebih terasa. Bila sudah dilakukan dengan baik, manfaatnya akan semakin dirasakan oleh tubuh.