Menyetok Bahan Pangan Solusi Praktis Bagi yang Sibuk

12d1c454ac74bb6de27b81b9d95d5caa1862c8d0.jpeg

Wanita karier memliki keterbatasan waktu untuk memasak. Jangan berkecil hati, dengan menyetok bahan pangan dan bumbu, Anda tetap bisa menyiapkan hidangan lezat dan bergizi di rumah.

Menyiapkan hidangan yang sehat dan lezat diawali dari kecermatan memilih bahan yang segar dan berkualitas baik. Kecermatan dalam memperlakukan bahan pangan, seperti cara menyimpan mempengaruhi kesegaran kualitas bahan. Bahan pangan tertentu seperti daging dan sayuran sebaiknya disimpan di dalam kulkas, namun beberapa bahan pangan seperti pisang, tepung atau beras lebih tepat disimpan dalam tempat sejuk dan kering.Yuk, kita simak tip praktis mengelola bahan pangan.

 

Buat Rencana Menu

Merencanakan menu untuk keluarga sangat memudahkan Anda dalam berbelanja. Buat rencana menu minimal untuk satu minggu. Dengan cara ini, Anda dengan mudah dapat membuat daftar belanja. Menu yang baik harus memenuhi unsur gizi lengap dan seimbang. Menu seimbang mengandung zat gizi utama, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat.

 

Pilih Resep Praktis

Resep sebaiknya dipilih yang mudah dan praktis. Dengan resep praktis, Anda tidak perlu waktu lama dalam menyiapkan bahan dan mengolah masakan. Anda juga terhindar dari kegagalan membuat masakan karena metode pembuatannya mudah.

 

Buat Daftar Belanja

Buat daftar belanja sebelum Anda pergi ke pasar atau supermarket. Daftar belanja membuat Anda lebih efsisien waktu karena semua bahan yang akan dibeli sudah tertulis. Dengan daftar belanja, Anda terhindar kelupaan membeli bahan. Fungsi lain dari daftar belanja, adalah  mengontrol sifat konsumtif dengan membeli barang yang tidak diperlukan.

 

Belanja Mingguan

Jangan membiasakan diri berbelanja setiap hari, berbelanja sebaiknya dilakukan seminggu sekali untuk bahan segar seperti buah, sayuran, daging, telur, ikan dan bumbu-bumbu. Simpan bahan makanan segar di dalam kulkas dan freezer. Jika ada kekurangan bahan, Anda bisa membelinya di tukang sayur keliling. Untuk bahan kering seperti tepung, gula, minyak, kacang-kacangan, teh, dan  kopi Anda dapat berbelanja sebulan sekali sehingga lebih efisien waktu dan biaya.

 

Maksimalkan Fungsi Kulkas

Kulkas dapat mempertahankan kesegaran bahan pangan lebih lama. Daging dan ikan, dapat bertahan 10 hari jika disimpan di dalam freezer. Sayuran dan buah akan tetap segar selama 1 minggu jika disimpan di dalam chiller. Bungkus daging, ikan dengan wadah kedap udara agar aromanya tidak mencemari bahan makanan yang lain. Sedangkan sayuran dan buah sebaiknya dimasukkan ke dalam plastik atau wadah tertutup rapat agar lebih bertahan lama kesegarannya.

 

Buat Bumbu Dasar

Saat waktu senggang seperti hari minggu, Anda bisa membuat bumbu dasar. Seperti bumbu dasar merah, putih dan kuning. Dengan bumbu dasar, Anda tinggal mencampur dan menggunakan bumbu sesuai kebutuhan resep. Aneka bumbu dasar dapat bertahan hingga satu minggu jika dimasukkan wadah tertutup rapat dan disimpan dalam kulkas.

 

Siapkan Masakan Setengah Jadi

Agar lebih praktis, buat stok makanan setengah jadi. Seperti mengungkep tempe dengan bumbu, membumbui ayam goreng, membuat kaldu, atau merebus spaghetti. Bahan makanan setengah jadi ini dapat bertahan hingga satu minggu jika disimpan di dalam freezer. Saat dibutuhkan, Anda tinggal mengolah bahan pangan setengah jadi sesuai dengan kebutuhan resep.