Menyegarkan Otak Supaya Tetap Fresh

968ca482cc99ef4ee4df54da64f2ea2c049f2973.jpeg

Otak adalah organ yang sangat penting. Otak manusia punya kapasitas kerja yang luar biasa hebatnya. Tapi, kehebatan itu masih berupa potensi.

Maksudnya, kehebatan itu tidak serta merta menjadi kehebatan sebelum diaktualisasikan (baca: digunakan dengan hebat pula). Di sisi lain, otak manusia juga rentan denganberbagai gangguan. Otak kita bisa tiba-tiba macet atau menurun kinerjanya karena berbagai hal semacam jenuh, bosan, dan seterusnya.

Itulah kenapa para ahli yang membidangi Kecerdasan Emosi (EQ) menyimpulkan bahwa untuk mengeluarkan kehebatan otak dibutuhkan kehebatan dalam mengelola emosi.

Otak kita akan sulit cerdas kalau emosi kita tidak cerdas. Kenapa? Otak kita mempengaruhi emosi dan emosi kita juga mempengaruhi otak. Kalau kita lagi terbawa hanyut ke dalam kesedihan atau marah, otak kita juga tidak optimal. Malah bisa-bisa kehilangan pertimbangan.

Banyak pekerjaan atau urusan yang tak bisa kita selesaikan dengan sempurna atau tanpa harus mengalami banyak kesalahan, bukan karena kita tidak mampu atau tidak tahu, tapi karena pengendalian emosi yang kurang. Makanya, menurut kesimpulan para ahli, otak akan bekerja sangat optimal apabila gelombangnya sedang Alpha atau dalam keadaan rileks, waspada dan fokus, yang merangsang kita untuk berimajinasi atau mencari inspirasi.

Banyak hal yang bisa kita lakukan agar otak menjadi rileks namun tetap fokus pada tujuan atau pekerjaan. Misalnya, melakukan percakapan yang ringan, tertawa, mendengarkan musik, mandi, menjalankan aktivitas yang menghibur, menelpon orang, mencium aroma baru, dan lain-lain.

Yang juga penting adalah membaca materi yang menimbulkan sensasi baru pada jiwa kita. Tentu, kalau bisa yang bermanfaat dan pada saat itu otak kita sedang tidak jenuh karena duduk membaca atau ber-internet ria.

Kebugaran otak juga terkait dengan asupan dan gaya hidup. Minuman tertentu selama dikonsumsi dalam kadar yang pas dapat menyegarkan otak, katakanlah misalnya kopi. Atau misalnya lagi, menjaga tidur. Gaya hidup yang ngawur akan menggangu kinerja otak.

Selain itu, menjaga kebugaran otak juga perlu dilakukan secara paralel dengan menyingkirkan pikiran negatif atau ketegangan yang akan menganggu. Cepatlah menghentikan pikiran negatif atau cepatlah merileks-kan ketegangan.

Agar kebugaran itu terjaga dalam waktu yang lama, solusi yang perlu kita tempuh adalah menerapkan gaya hidup yang berdasarkan kewajiban untuk polah (berusaha) dan pasrah (memasrahkan urusan kepada Tuhan).

Jika dua hal itu kita lakukan secara seimbang dan proporsional, maka baik kehidupan jasmani dan rohani kita akan jauh lebih sehat, dinamis, dan harmonis.

Semoga bisa kita jalankan.