Manfaat Nutrisi dari Roti

d8834a61d709227bb4e03b6de735d035c0c3792d.jpeg

Roti menjadi pilihan untuk sarapan karena praktis menyajikannya. Namun, yang lebih penting dari kepraktisan adalah cara yang benar mengonsumsi roti agar memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Roti adalah salah satu hidangan kuno, dan mungkin yang paling penting posisinya khususnya pada waktu sarapan. Nutrisi lengkap dan baik jadi pengganti asupan setelah makan malam sebagai input berakhir 8 jam sebelumnya. Roti adalah sumber karbohidrat yang dirubah jadi energi dengan kandungan rendah lemak.

Tepung gandum adalah bahan utama roti, dikombinasikan dengan ragi dan air, menghasilkan makanan padat gizi juga mengandung mineral dan vitamin. Roti dengan tepung terigu yang lengkap (whole wheat) adalah jenis roti yang banyak dipilih karena kandungan serat tinggi dan diperlukan tubuh untuk mengolah keseluruh hidangan. Sedang tepung terigu biasa, tidak mengandung banyak kebaikan oleh karena itu jenis ini biasa diberikan tambahan (diperkaya) seperti Vit B1, niacin, zat besi, kalsium dan folat yang baik untuk ibu hamil.

Jika roti yang disantap sebagai sarapan akan memberi kebaikan dan rasa penuh sampai dekat jam makan siang; olesan seperti selai buah, kacang dan keju akan menambah kandungan nutrisi, memaksimalkan kebaikan sarapan rutin.

Roti dengan bahan lain yang mengandung telur, mentega dan susu biasanya jadi favorit banyak orang. Utamanya karena lebih memiliki rasa, tekstur empuk dan kebanyakan berjenis manis. Walau akan memberi kebaikan untuk Anda, pastikan tidak terlalu banyak mengkonsumsinya.

Jangan lupa bagi beberapa yang memiliki alergi, roti tidak disarankan untuk dikonsumsi. Roti dapat mengandung garam/sodium tinggi, perhatikan jumlah asupan jika sedang dalam program diet untuk kesehatan. Juga mengandung gluten yang memberi kelembutan dan kekenyalan dari tekstur roti, akan memicu alergi bagi mereka yang sensitif. Selalu perhatikan label informasi produk yang tercantum dalam kemasan untuk mengetahui kadar atau bahan yang digunakan.

Roti yang diproduksi masal terkadang diberi tambahan seperti pemutih, tepung kedelai dan karamel. Pilihan lain untuk hasil optimum dari kebaikan roti adalah jenis organik yang sekarang banyak tersedia dipasar.