Makna di Balik 'Konsumsi Harian' Pada Label Nutrisi

891e615f9751d6900099de27c29b9a4156eb0a56.jpeg

Label nutisi memang memiliki banyak poin yang perlu dipahami. Tidak hanya informasi mengenai berbagai macam nutrisi dan jumlah kalori total, tetapi label nutrisi juga bisa menjelaskan tentang anjuran konsumsi harian yang tepat pada suatu produk kemasan, baik makanan maupun minuman. Dari label ini, Anda akan paham berapakah jumlah semestinya yang dapat dikonsumsi dan membawa khasiat kesehatan bagi tubuh.

Label konsumsi harian biasanya berada dalam kotak yang paling bawah dari label nutrisi. Anda akan menemukannya pada tulisan yang menampilkan tentang kandungan vitamin maupun mineral. Secara umum, konsumsi harian biasanya disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian pada takaran diet 2000 hingga 2500 kalori. Menurut, Shereen Lehman, Ahli Nutrisi dari Amerika, takaran 2000 kalori didasarkan pada kebutuhan gizi harian rata-rata pada perempuan.

Sebaliknya, takaran 2500 kalori didasarkan pada rata-rata kebutuhan gizi harian pada laki-laki. Perbedaan ini terjadi, lantaran bentuk fisik laki-laki dan perempuan berbeda. Selain itu, aktivitas laki-laki cenderung lebih berat dan lebih banyak membakar kalori, sehingga asupannya lebih besar daripada perempuan. Dalam label nutrisi, konsumsi harian disusun berdasarkan jumlah lemak total, kolesterol, sodium, dan juga karbohidrat.

Untuk kebutuhan asupan dengan takaran 2000 kalori, total lemak yang disajikan sebaiknya kurang dari 65 gram. Selain itu, kolesterol yang terkandung juga tak boleh kurang dari 300 mg. Sementara, untuk kandungan sodium tidak boleh kurang dari 2400 mg. Sedangkan kandungan karbohidrat total dan serat berturut-turut 300 gram dan 25 gram. Jumlah ini harus terpenuhi, untuk memenuhi kebutuhan gizi harian dengan total 2000 kalori.

Adapun untuk takaran 2500 kalori, lemak yang ada dalam asupan kurang dari 80 gram. Sedangkan untuk kandungan sodium dan kolesterol memiliki kandungan yang sama dengan takaran 2000 kalori, yaitu sebesar 2400 mg dan 300 mg. Perbedaan terjadi pada total karbohidrat dan serat harian. Pada takaran asupan sebanyak 2500 kalori, jumlah karbohidrat total dan serat berturut-turut 375 gram dan 30 gram. Demikian anjuran konsumsi zat gizi harian yang harus terpenuhi dalam produk makanan dan minuman kemasan, menurut Shereen Lehman.