b94e76de7e7a86e4cadd9b00ca3800c17d5279d2.jpeg

Makanan yang dibuat di rumah identik dengan makanan yang lebih sehat dibanding dengan makanan di luar rumah. Tetapi, tentunya ada kalanya kita makan di luar rumah juga, kan? Pemahaman mengenai asupan yang dibutuhkan gizi bisa menjadi pedoman kita untuk tetap makan sehat dimana pun kita berada

Makan sehat di luar rumah itu tidak sulit kok, asal kita bisa menyiasatinya dengan bijak.

 

Berikut panduan praktisnya:

 

Makan Sehat di Pesta

 

¦ Sebelum menghadiri pesta, jangan sengaja melewatkan makan sebelumnya. Misalnya, kita ada undangan pesta di malam hari. Jika tidak makan siang seperti

 

biasa, maka rasa lapar akan sangat terasa dan kita cenderung makan banyak di pesta.

 

¦ Di tempat pesta, amati semua sajian makanan yang tersedia. Hindari makanan yang berlemak tinggi, seperti cream soup, saus putih pada pasta atau salad, masakan bersantan, dan makanan yang digoreng seperti balado, tempura, dan lumpia goreng. Pilih makanan yang ditumis atau cah, grill, atau sup bening. Jika ada makanan Jepang rendah lemak, seperti sushi dan sukiyaki, tentunya lebih sehat.

 

¦ Sebagai makanan pembuka, pilihan yang sehat adalah: buah, sup bening,  salad dengan sedikit dressing, atau seafood cocktail.

 

¦ Ambil makanan secukupnya saja, jangan berlebihan. Ingat, orang di sekeliling sering turut mengawasi seberapa penuh piring kita. Jadi, apabila tidak ingin memberi kesan kelaparan di hadapan tamu-tamu lain, hindari makan berlebihan.

 

¦ Kita tidak wajib menghabiskan makanan yang diambil. Jadi, bila sudah merasa kenyang, tinggalkan saja sisa makanan tersebut.

 

¦ Makanan penutup (dessert) sebaiknya berupa fruit sorbet, es krim yoghurt yang rendah atau tanpa kalori dengan topping buah segar, atau secangkir cappuccino dengan susu low-fat.

 

Makan Sehat di Restoran:

 

¦ Pesan lebih dulu dari teman, agar tidak terpengaruh oleh pilihan teman.

 

¦ Pilih porsi yang sesuai untuk kita. Sebagai contoh, menu steak tenderloin biasanya terdiri atas berbagai ukuran, mulai dari 150, 200, hingga 250 gram.

 

¦ Bila porsi makanannya besar, minta piring kosong untuk berbagi dengan

 

teman. Atau, bila porsi makanan besar dan tidak mungkin menghabiskannya, mintalah pramusaji untuk membungkuskan sisanya. Kita bisa menyantapnya nanti malam atau keesokan harinya.

 

¦ Hindari restoran all-you-can-eat atau buffet. Lebih baik pesan menu

 

a la carte. Namun, bila pilihannya hanya restoran itu, ikuti panduan makan di pesta.

 

¦ Belajar untuk memahami istilah yang ada di menu, agar kita dapat memilih makanan yang lebih sehat.

 

Nah, yuk mulai bersikap bijak dalam soal makanan, baik di rumah maupun di luar rumah, agak keluarga tercinta menajadi lebih sehat.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini