Langkah Pintar Bikin Tidur Berkualitas

84d7ae332e4fe2a09611cfddd4e59a7a9bcb5a1c.jpeg

Gaya hidup sehat ditunjang dengan tiga faktor yang saling melengkapi. Mulai dari makan yang sehat, olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup. Makan sehat dan olahraga yang teratur mungkin masih bisa dilakukan dengan membuat jadwal dan kemauan yang tinggi. Namun, lain halnya dengan tidur. Walau Anda sudah mengagendakan untuk tidur jam sekian, tetapi kalau mata tidak bisa terpejam, porsi tidur tentu bakal kurang.

Salah satu spesialis gangguan tidur Amerika, Lisa Shives, MD, menjelaskan beberapa langkah mudah untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Matikan TV atau komputer dua jam sebelum tidur
Ini menjadi kebiasaan orang zaman sekarang. Menonton TV memang menjadi hiburan yang menyenangkan, apalagi kalau acaranya seru dan menegangkan. Guna mendapatkan tidur yang berkualitas, Dr. Lisa menyarankan untuk mulai mengistirahatkan badan dan pikiran dua jam sebelum tidur. Selain TV, matikan juga komputer atau gadget yang lainnya demi mendapatkan tidur berkualitas di malam hari.

Jangan olahraga sebelum tidur
Tren lain yang kian berkembang di tengah masyarakat adalah olahraga di malam hari. Menurut Dr. Lisa, olahraga malam hari akan membuat suhu tubuh meningkat. Belum lagi, jika olahraga yang dipilih cukup berat seperti lari atau basket, jenis olahraga ini akan membuat otot terasa pegal-pegal dan Anda lebih sulit untuk tidur nyenyak.

Mandi air panas
Mandi dengan air panas di malam hari akan membuat suhu tubuh meningkat. Namun ini hanya sementara saja. Sebab, setelah mandi suhu tubuh akan kembali turun. Efeknya, tidur Anda lebih pulas dan berkualitas sepanjang malam. Biar lebih mantap, segelas susu hangat baik diminum sebelum tidur. Sebaliknya, hindari kopi dan teh, karena hanya akan menghambat tidur berkualitas, ujar Dr. Lisa.

Buat jadwal tidur
Anda boleh bekerja dengan totalitas sepanjang hari, tetapi yang perlu diingat untuk tidur sesuai dengan waktunya. Dr. Lisa mengatakan kebiasaan tidur yang tentu hanya akan membuat kualitas tidur semakin menurun. Baiknya, buatlah jadwal tidur harian dari sekarang. Lewat pembiasaan ini, Anda akan terbiasa mendapatkan tidur berkualitas setiap hari.

So, segera diterapkan ya, agar kualitas tidur semakin meningkat. Selamat mencoba.