Kebiasaan Baik Pendorong Gaya Hidup Sehat

eed8105dc47a680e3365383c93a58f769f2f63c9.jpeg

Tak salah jika banyak orang sering menyebutkan jika gaya hidup sehat bermula dari kebiasaan. Tanpa ada kesadaran diri untuk memulai hal baru, tentunya tak akan bisa meneruskannya hingga menjadi sebuah kebiasaan. Demikian juga dengan gaya hidup sehat, perlu adanya dorongan untuk segera memulainya, sehingga predikat hidup sehat dapat segera tersematkan.

Apa saja yang bisa mendorong untuk jalani hidup sehat? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Rutin sarapan
Sarah Collins, praktisi kesehatan asal Amerika Serikat dalam lansirannya di Live Strong mengatakan sarapan menjadi kunci penting untuk menjalani gaya hidup sehat. Hal ini disebabkan, sarapan dapat memenuhi kebutuhan energi harian dan membuat Anda lebih semangat untuk beraktivitas. Lewat sarapan ini pula, asupan lebih terkontrol dan tidak mudah jajan sembarangan. Paling tidak sampai jam makan siang tiba.

Minum susu
Tak semua orang gemar minum susu. Jika Anda dan keluarga termasuk orang yang gemar minum susu, beruntunglah karena minuman ini banyak bermanfaat bagi tubuh. Susu mampu melengkapi kebutuhan nutrisi harian yang tidak mampu dicukupi dalam menu makanan. Anda dapat meminumnya bersama-sama keluarga usai sarapan, sehingga tubuh tetap prima dan lebih semangat untuk bekerja dan belajar di sekolah.

Gemar olahraga
Jika Anda merasa nafsu makan sedang kurang baik, segeralah untuk mulai berolahraga. Kegiatan ini tidak hanya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, namun juga akan membuat nafsu makan meningkat. Sarah Collin mengatakan, makanan yang sebelumnya dimakan terbakar secara sempurna menjadi energi, sehingga perut benar-benar merasakan lapar dan lahap untuk makan. Jalankan olahraga ini secara rutin bersama si kecil baik pagi atau sore hari.

Jangan lupa ngemil
Tidak selamanya ngemil itu memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. Justru menurut Konsultan Nutrisi Shape Magazine, Mike Roussell, Ph.D., menyatakan ngemil dengan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, roti gandum dan yogurt rendah lemak, dapat mempertahankan energi dalam tubuh secara lebih stabil. Namun tetap ada syaratnya, yaitu porsi yang disajikan tidak boleh sampai melebihi porsi makan utama, sehingga tidak sampai membuat malas untuk makan siang maupun makan malam.

Nah, sudah tahu kan apa saja kiat untuk jalani gaya hidup sehat?