Yuk, Tingkatkan Hubungan Persahabatan!

fca9f4d6b4b2738df7fb412584480bc83f8fd832.jpeg

Memang benar, dengan menjaga pola makan yang sehat, olahraga yang teratur dan tidur yang cukup, gaya hidup sehat sudah terpenuhi. Tapi, hidup sehat bukan hanya berkutat dari dalam diri saja. Anda juga perlu menjalin relasi atau hubungan dengan orang lain, dalam bentuk persaudaraan maupun persahabatan. Berbagi suka dan tawa dengan orang lain tentu lebih bahagia dibandingkan seorang diri saja. Kebahagiaan itulah yang akhirnya akan menyumbangkan kesehatan dalam tubuh.

DeWall, seorang Ahli Social Psycologist dari University of Kentucky Amerika, menerangkan beberapa tips agar mendapatkan banyak teman dengan mudah.

Lihat orang lain seperti diri sendiri
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menganggap sama semua orang yang dilihat. Jangan pernah melihat orang lain dengan tatapan berbeda. Apalagi sampai melihatnya berlebihan karena bentuk fisiknya. Hal-hal semacam ini semestinya dihindari, karena hanya akan membuat orang lain tidak nyaman dan enggan berteman dengan si kecil.

Luangkan waktu untuk orang lain
Jika ingin mendapatkan teman tentu saja harus bisa berbagi waktu untuk bermain maupun beraktivitas bersama. Bila si kecil hanya diam diri saja di rumah, maka dia akan lebih sulit untuk mendapatkan teman. Doronglah dia untuk ke luar dan berinteraksi dengan anak-anak sebayanya, sehingga dia akan lebih ceria dengan banyak teman barunya.

Bangun hubungan lebih mendalam
Pertengkaran dalam setiap hubungan sejatinya adalah hal yang wajar. Namun, bukan berarti hal tersebut harus berlarut-larut menjadi persoalan. Mintalah si kecil untuk saling memaafkan dengan teman-temannya agar dia kembali bermain dengan ceria. Beritahu si kecil agar selalu berbuat baik dengan orang lain. Hal ini bertujuan agar dia lebih mudah dipercaya oleh orang lain.

Tingkatkan komunikasi
Kadangkala kesibukan masing-masing membuat hubungan persahabatan menjadi renggang. Walau tidak setiap hari, minimal tanyakan kabar lewat telepon atau mungkin bersapa saat berjumpa. Hal-hal sepele semacam ini akan membuat hubungan persahabatan tetap erat dan tidak mudah putus, walau dalam lokasi yang berjauhan.

Jadi, mulailah untuk mengajak si kecil memperbanyak teman ya, Bu.