Yuk Coba 4 Jenis Sayuran Ini Sebagai Menu Makanan Anak

alt-1b.jpg

Bu, apakah anak suka makan sayur? Sayuran, selain merupakan sumber serat, juga kaya vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya. Karena itu, Ibu tentu ingin anak suka makan berbagai jenis sayuran. Jenis sayuran yang umumnya disertakan dalam menu anak-anak diantaranya adalah bayam, brokoli, wortel, jagung manis, buncis, kentang, dan sebagainya. Padahal jenis sayuran lainnya ada banyak yang juga bisa diolah menjadi menu yang cocok untuk anak lho, Bu. Bahkan mungkin Ibu akan dibuat terkejut bahwa anak menyukai jenis sayuran untuk anak ini. Mau tau apa saja? Yuk, lihat beberapa alternatif sayuran untuk anak berikut ide resep yang menggunakan jenis sayuran tersebut.

  1. Labu kuning

Selain mengandung beta karoten, labu kuning juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Jika selama ini Ibu hanya menggunakan labu kuning untuk membuat kolak, yuk coba olah menjadi berbagai menu sehat untuk anak. Sahabat Nestlé punya berbagai resep lezat bergizi yang bisa Ibu coba, menggunkan labu sebagai bahannya. Mulai dari menu maknan pokok sampai menu camilan sehat. Misalnya Cake Labu Keju, Kentang Labu Daging, Puding Labu Kukus,

  1. Jamur

Jika diolah dengan tepat, jamur bisa menjadi santapan sehat yang sangat lezat. Jamur mengandung protein, vitamin B12, kalsium, zat besi, kalium, dan vitamin D. Jamur bisa diolah menjadi sup, lauk makanan utama, dan juga camilan. Tips saat memasak jamus adalah cuci sampai bersih dan jangan dimasak terlalu lama karena jamur banyak mengandung air. Yuk, coba mengolah jamur menjadi Tumis Brokoli Jamur, Bola Nasi Jamur, Risol Ayam Jamur, dan aneka resep sehatlainnya yang bisa Ibu lihat di situs Sahabat Nestle.  

  1. Kacang polong

Kacang polong yang mungkin jarang dilirik saat hendak memasak menu sehat ternyata merupakan sumber protein dan berbagai vitamin dan mineral. Diantaranya adalah vitamin C, vitamin K, folat, zat besi, magnesium, dan tentunya serat. Jika biasanya Ibu hanya menyajikan kacang polong, kali ini ayo coba mengolahnya menjadi berbagai menu lainnya. Misalnya Martabak Tuna Kacang Polong, Sup Jaging Kacang Polong, atau Nasi Kacang Super dari Sahabat Nestlé.

  1. Paprika

Selain bisa membuat masakan terlihat menarik karena warnanya, juga mengandung berbagai zat gizi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin B Kompleks, kalium, magnesium, dan masih banyak lagi. Selain itu paprika juga mengandung antioksidan. Jika hendak menyajikan paprika untuk anak, Ibu bisa memilih yang berwarna merah, kuning, atau oranye karena rasanya lebih manis jika dibandingkan dengan yang hijau. Cuci paprika dengan air dingin sebelum diolah dan buang batang maupun bijinya. Ibu bisa mencoba resep dari Sahabat Nestle yang menggunakan paprika. Misalnya Paprika Burger, Sup Kacang Paprika, Roll Tofu Paprika, Tumis Daging Paprika.

 

Yuk Bu, perkenalkan sebanyak-banyaknya jenis sayuran pada anak agar ia bisa mendapat gizi seinbang dari berbagai sumber pangan dan tentunya menjadi kaya rasa dan tidak menjadi picky eater.

 

   

 

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/asparagus-benefits#TOC_TITLE_HDR_6

https://www.alodokter.com/sederet-manfaat-labu-kuning-yang-bisa-anda-peroleh

https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/jenis-sayur-untuk-anak-terbaik/#gref

https://www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/inspirasi-kesehatan/memasak-jamur-yang-enak.html

https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/top-5-vegetables-your-child-should-eat

https://www.superhealthykids.com/recipes/9-vegetables-kids-like-that-might-surprise-you/

https://babyfoode.com/blog/bell-pepper-profile/