Yuk, Belanja Bareng Si Kecil

b31d792791535ae05cb85dc9bf29b49d2a1a02cd.jpeg

Belanja menjadi salah satu agenda wajib yang ada dalam setiap aktivitas harian. Utamanya, belanja makanan, minuman dan kebutuhan pokok lainnya yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga. Biasanya ibu sering berangkat pagi untuk pergi ke pasar maupun supermarket. Salain untuk memburu makanan segar, juga agar bisa memasak hidangan sarapan lebih awal.

Jika Anda sering belanja sendirian, tak ada salahnya untuk mengajak si kecil belanja bersama-sama di akhir pekan. Tak harus jam pagi,  Anda juga bisa mengajak buah hati Anda belanja ketika dia sedang tidak sibuk belajar. Banyak manfaat yang akan si kecil terima manakala Anda mengajaknya pergi belanja bersama.

Memilih makanan yang sehat

Mengajak si kecil belanja bersama-sama, dia akan banyak belajar tentang cara memilih makanan atau minuman yang sehat. Anda bisa menunjukkan kepadanya secara langsung mana makanan dan minuman yang sehat atau bukan. Setelah itu, ajaklah si kecil untuk mempraktikkannya langsung di tempat.

Mengerti daftar belanja

Selain bisa menentukan mana makanan sehat dan mana yang bukan, si kecil juga dapat mengerti daftar belanja. Anda bisa mendiskusikan dengan si kecil saat membuat daftar belanja. Beritahu si kecil, bahwa dengan menggunakan daftar belanja, kebutuhan pokok atau yang lebih penting bisa diutamakan. Setelah ada daftar belanja, berikutnya mintalah si kecil langsung membeli barang yang sudah tertera di dalamnya.

Mengenal banyak hal baru

Supermarket atau pasar tidak hanya menjadi tempat mencari makanan atau minuman yang hendak Anda konsumsi. Tempat ini juga menjadi sarana bersosialisasi antar warga dalam transaksi jual beli. Melihat langsung aktivitas di pasar, si kecil bisa memahami bagaimana proses menjual dan membeli di lakukan. Lebih-lebih jika tempat tersebut adalah pasar tradisional. Si kecil bisa langsung memahami apa yang disebut sebagai proses tawar menawar sebelum melakukan pembayaran.

Membuat anak lebih mandiri

Bila Anda sudah sering mengajak si kecil belanja, maka lambat laun sikap kemandiriannya bisa muncul. Anak Anda akan memahami bagaimana proses belanja yang tepat dan tidak sampai berlebihan. Dia juga akan memiliki prinsip dasar hidup yang ekonomis, tidak boros dan tidak pula membeli barang-barang yang sekiranya masih belum sangat dibutuhkan.

Luar biasa kan, Bu? Tunggu apalagi, ajak si kecil pergi belanja, yuk.