Tips untuk Bantu Ibu Menjaga Keamanan Pangan Keluarga

04 - Tips untuk Bantu Ibu Menjaga Keamanan Pangan Keluarga.jpg

Selain meggunakan bahan-bahan sehat bergizi seimbang, yang tak kalah penting saat menyajikan menu sehat bagi keluarga tercinta adalah memastikan keamanan pangan keluarga. Menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), ada lima kunci keamanan pangan yang perlu dilakukan supaya makanan yang disajikan Nah, berikut ini adalah tips buat bantu Ibu menjaga keamanan pangan keluarga berkaitan dengan lima kunci dari BPOM.

 

  1. Jaga kebersihan.

Untuk menjaga kebersihan dalam memastikan keamanan pangan keluarga, Ibu perlu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan. Juga memastikan kebersihan bahan-bahan yang digunakan, alat-alat yang digunakan, tempat penyimpanan dan tentunya dapur atau area yang Ibu gunakan untuk menyiapkan makanan.

 

  1. Pisahkan pangan matang dan pangan mentah.

Pangan mentah seperti daging sapi, unggas, dan hasil laut perlu dipisahkan dari pangan yang sudah matang. Saat mengolahnya pun Ibu perlu memisahkan perangkat yang digunakan. Mislanya, jangan memotong pangan matang menggunakan pisau dan talenan yang habis Ibu gunakan untuk memotong daging mentah.

 

  1. Masak dengan benar.

Untuk memastikan keamanan pangan, bahan baku perlu diolah dengan cara yang benar agar aman dikonsumsi. Memasak dengan benar meliputi cara memasak yang tepat, menggunakan suhu yang tepat, dan lain sebagainya. Misalnya, daging sapi, unggas, hasil laut, dan telur perlu diolah pada suhu minimal 70 derajat celcius dan matang menyeluruh. Atau saat membuat sup bahan-bahan perlu direbus sampai mendidih.

 

  1. Jaga pangan pada suhu aman.

Memasak dengan suhu minimal 70 derajat celcius untuk memastikan makanan aman dikonsumsi. Apalagi saat memasak daging sapi, unggas, hasil laut, dan juga telur. Jika menggunakan air, pastikan air mendidih. Suhu yang tepat juga diperlukan saat menyimpan pangan dan bahan baku agar tidak mudah rusak. Perhatikan mana bahan baku yang bisa disimpan dalam suhu ruang dan mana yang perlu dimasukkan ke lemari es atau freezer. Kuman dapat lebih mudah berkembang di suhu ruang. Menyimpan pangan atau bahan baku di suhu di bawah 5 derajat celcius akan memperlambatnya.

 

  1. Gunakan air dan bahan baku yang aman.

Ya, untuk memastikan keamanan pangan keluarga tentunya Ibu juga perlu memastikan bahwa bahan baku dan juga air yang digunakan untuk mengolah pangan aman bagi kesehatan. Dalam hal air, air jernih perlu digunakan bukan hanya saat memasak tetapi juga saat mencuci bahan baku dan juga perangkat masak maupun perangkat makan. Air jernih adalah yang tidak berbau dan berasa.

 

Yuk Bu, selalu bersikap cermat dan teliti dalam menyiapkan menu sehat agar gizi terpenuhi dan keamanan pangan keluarga juga selalu terjaga.

 

 

 

Sumber:

http://indonesiabaik.id/infografis/yuk-mengenal-5-kunci-keamanan-pangan

https://id.theasianparent.com/keamanan-pangan

https://farmasetika.com/2020/04/23/cegah-covid-19-bpom-tekankan-5-kunci-keamanan-pangan-dan-kie-di-pasar-tradisonal/