Tips Pintar Kelola Bahan Makanan

d9fa93e4c7f01b0daf48b5c4631735364bcb873f.jpeg

Rutinitas kerja yang begitu padat, kadang membuat Anda lupa untuk mengurus bahan makanan yang ada di rumah. Jangan sepelekan perkara ini ya, karena cara menyimpan bahan makanan akan mempengaruhi kesegaran dan kualitasnya.

Bahan makanan dengan kualitas buruk, pastinya akan menghasilkan masakan dengan kualitas yang buruk juga. Bahkan, ada beberapa bahan makanan yang tidak bisa digunakan jika kualitasnya sudah buruk. Sayang sekali kan jika terbuang sia-sia. Pastinya Anda tidak ingin kan hal ini terjadi pada bahan makanan Anda di rumah?

Oleh karena itu, berikut ini adalah tips pintar kelola bahan makanan di rumah. Silakan disimak baik-baik ya.

Membuat Rencana Belanja

Anda pasti sering bingung kan ingin berbelanja apa saja ketika di supermarket? Untuk menghindarinya, buatlah daftar menu yang ingin Anda olah selama seminggu. Dari daftar menu tersebut, catatlah bahan apa saja yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu kerepotan lagi kan?

Selain itu, dengan membuat daftar belanja Anda akan lebih fokus pada bahan makanan yang dibutuhkan saja. Hmm, ini juga salah satu cara menghindari perilaku konsumtif Anda lho. Eits, jangan lupa untuk merencanakan menu makanan yang seimbang untuk anggota keluarga ya. Makanan yang seimbang mengandung zat gizi utama, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral.

Belanja Secara Berkala

Berbelanja setiap hari dinilai kurang efisien jika dilihat dari segi waktu dan biaya. Maka dari itu, rencanakan jadwal belanja Anda secara berkala. Untuk berbelanja bahan makanan segar seperti sayur, buah, telur, ikan dan daging lakukan setiap seminggu sekali. Kemudian, untuk berbelanja bahan makanan kering seperti tepung, beras, gula, minyak, kecap dan teh lakukan setiap sebulan sekali. Jangan lupa pastikan produk kemasan yang Anda beli masih jauh dari batas expired atau kadaluarsa, ya.

Memahami Penggunaan Kulkas dengan Baik

Kulkas merupakan tempat yang paling aman untuk mempertahankan kesegaran bahan makanan. Namun, bukan berarti Anda dapat asal-asalan memasukkan bahan makanan ke dalam kulkas begitu saja ya. Menurut Budi Utomo, S.Pd., untuk daging dan ikan sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara agar aromanya yang kuat tidak mencemari bahan makanan lain. Anda dapat menyimpannya dalam freezer dan akan bertahan selama 10 hari. Kemudian, untuk sayur dan buah cara menyimpannya adalah dengan masukkannya ke  dalam wadah tertutup atau plastik agar lebih tahan kesegarannya. Eits, agar semakin tahan lama simpan buah dan sayur dalam chiller ya.

Sepadat apapun rutinitas Anda, luangkan sedikit waktu untuk lebih memperhatikan menu makanan anggota keluarga di rumah ya. Semoga bermanfaat.