Tips Menyimpan Kentang

95202a0adf3339fca5ff2eda3e7b1b65754df111.jpeg

Anda pernah mengupas kentang dan berubah warna ketika disimpan? Atau kulit kentang menjadi kehijauan? Jangan berkecil hati, berikut tips cara menyimpan kentang yang baik dan benar.

Seperti buah apel, kentang akan berubah warna menjadi kecokelatan ketika dibiarkan terbuka di dalam suhu ruang. Hal ini disebabkan karena adanya aktivitas enzim peroksidase dan katalase di dalam kentang yang bereaksi dengan oksigen. Proses reaksi ini namanya browning enzimatic.

Untuk menginaktifkan enzim peroksidase dan katalase bisa dilakukan dengan beragam cara berikut:

  1. Dilakukan blanching. Caranya dengan merebus kentang selama 1 menit di dalam air mendidih. Lalu rendam di dalam air dingin. Selanjutnya tinggal dikupas. Dengan blanching, maka proses browning dapat dicegah.
  2. Merendam potongan kentang menggunakan larutan natrium bisulfit dengan dosis 1gr/ 1lt air. Rendam potongan kentang selama 1 jam dan bilas dengan air bersih. Cara ini sangat efektif untuk mencegah reaksi browning pada kentang.
  3. Merendam dalam larutan garam dapur dan air kapur sirih. Campur 2 sendok makan garam halus dan 1 sendok makan air kapur siri. Larutkan di dalam 1 liter air. Rendam potongan kentang selama 1 jam. Bilas dan tiriskan. Cara ini lebih murah dan menghasilkan kentang lebih gurih selain untuk mencegah reaksi browning.

    1. Kiat Menyimpan Kentang


      1. Kentang mentah sebaiknya disimpan dalam suhu ruang yang sejuk, kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Jangan menyimpan kentang mentah di dalam kulkas, karena akan menyebabkan kentang bertunas.
      2. Untuk kentang yang telah dikupas, lakukan proses blanching terlebih dahulu. Setelah dingin, simpan di dalam wadah tertutup rapat dan simpan di dalam kulkas. Menyimpan kentang kupas di dalam kulkas akan memperpanjang daya simpan hingga 7 hari.
      3. Menyimpan kentang kupas yang telah di-blanch bisa diletakan di dalam freezer. Menyimpan kentang kupas di dalam freezer akan memperpanjang daya simpan hingga 2-6 bulan.
      4. Jika Anda hanya mengolah sedikit kentang dan untuk keperluan sekali masak. Cukup rendam potongan kentang di dalam air dan kentang tidak akan berubah warna.
      5. Kentang mentah yang disimpan lama, apalagi jika kentang terkena sinar matahari langsung, bisa mengubah warna kulit kentang menjadi kehijauan. Jangan mengolah kentang yang sudah berubah menjadi kehijauan karena kentang ini terkadang sudah mengandung racun yang bernama solanin.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini