Tepat Mengolah Masakan Sesuai Bahan

cd1607d2db7ac5963dbf72d5a5fe1ddf5ab260f4.jpeg

Untuk menciptakan makanan yang sehat nan lezat diperlukan pemilihan bahan yang tepat juga lho. Budi Sutomo, S.Pd., mengatakan dengan pemilihan bahan makanan yang baik dan benar dapat menghasilkan makanan yang sesuai dengan harapan. Nah, ulasan berikut ini adalah cara memilih bahan makanan yang tepat. Disimak yuk.

Beras
Beras berkualitas baik adalah beras yang memiliki butiran utuh serta warna putih bersih dan mengkilat. Selain itu, pastikan beras tidak berbau, banyak kotoran dan sekam serta tidak berkutu dan berulat.

Mie dan pasta
Kedua bahan makanan ini biasanya dijual dalam bentuk kemasan. Perhatikan tanggal kadaluwarsanya dan komposisi bahannya yang tidak mengandung pewarna. Selain itu, perhatikan keutuhan kemasan juga ya.

Ubi
Ubi yang baik adalah yang kulitnya mulus, tidak ada bekas lubang termakan ulat serta tidak ada bercak kehijauan. Sebaiknya pilihlah ubi yang sudah tua karena mengandung pati lebih besar daripada ubi yang masih muda.

Daging dan ayam
Daging dan ayam yang baik ditandai dengan warna dagingnya yang merah segar, tidak berlendir dan tidak ada bercak kebiruannya. Serta memiliki aroma segar khas daging. Usahakan untuk tidak memilih daging atau ayam yang sudah berada pada kotak es.

Telur
Telur yang baik adalah yang cangkangnya masih utuh sempurna dan tidak ada kotoran yang menempel. Jika dipecah, kuning telur masih utuh bulat dan putih telurnya masih kental dan tidak encer.

Tahu
Pilihlah tahu yang dijual dalam bentuk kemasan, karena tahu yang dijual terbuka rentan terkena kotoran, debu dan kuman. Tahu yang baik adalah tahu yang kenyal, tidak berlendir dan baunya segar. Lebih baik pilihlah tahu berwarna putih saja ya agar terhindar dari bahan pewarna.

Tempe
Untuk menentukan tempe yang segar tidaklah sulit. Anda bisa memperhatikan jamurnya yang berwarna putih bersih serta strukturnya yang tidak mudah hancur. Jika dipotong, tempe yang baik bijinya utuh dan tidak terdapat campuran lain.

Sudah siap menghidangkan makanan yang sehat dan lezat bagi keluarga? Mulai dari pemilihan bahan makanan yang berkualitas baik dulu, ya. Semoga bermanfaat.