Sudah Olahraga, Kok Masih Gemuk?

428e50437f52fbb6133b19368d6a14adbb3081eb.jpeg

Bukan hanya satu atau dua orang yang mengalami kegagalan dalam program penurunan berat badan. Ratusan atau bahkan ribuan orang di dunia ini mungkin juga pernah mengalaminya. Masalah semacam ini bukanlah kebetulan terjadi. Kesalahan dan kurang bersungguh-sungguh dalam menjalani program hidup sehat juga bisa menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah porsi latihan yang kurang, sehingga proses pembakaran lemak tidak bisa berjalan optimal.

Di samping hal tersebut, ada lagi alasan yang menyebabkan kenapa hal ini itu bisa terjadi.

Jumlah kalori
Sebagian orang masih banyak yang belum paham, bahwa banyaknya asupan makanan yang disajikan sangat berpengaruh terhadap jumlah kalori dalam tubuh. Jika komposisi makanan yang disajikan salah, sudah barang tentu tubuh akan lebih lama melakukan proses pencernaannya. Kendati dari segi porsi tidak terlalu banyak, namun kalori makanan tak cukup dinilai dari wujudnya saja. Solusinya, lakukan pemotongan asupan kalori, tetapi jangan sampai kurang dari 1200 kalori. Anda dapat menyajikan buah, sayuran dan ikan segar serta biji-bijian, susu dan daging rendah lemak sebagai makanan bergizi tinggi namun rendah kalori.

Beban latihan
Faktor lain yang juga sangat berpengaruh dalam masalah ini adalah latihan yang kurang tepat. Banyak orang memusatkan pembakaran kalori dengan cara latihan beban, tetapi mereka tidak tahu berapa banyak beban yang dibutuhkan agar bisa membakar kalori lebih optimal. Konsultasikan dengan pelatih kebugaran yang ada di tempat gym atau pelatih pribadi Anda. Orang-orang ahli ini akan menyarankan berapa banyak beban yang bisa Anda gunakan untuk latihan hingga mampu membakar lemak dalam tubuh secara keseluruhan.

Latihan tambahan
Jika Anda sudah merasa latihan beban dengan keras dan benar, namun masih belum juga memberikan hasil maksimal, maka Anda butuh latihan tambahan. Latihan ini diperlukan untuk mengimbangi pembakaran lemak dalam tubuh. Sementara latihan beban difokuskan untuk membentuk otot tubuh yang lebih atletis. Joging, berlari, berenang, tenis dan kegiatan aerobik seperti yoga, pilates serta beberapa workout dapat menjadi latihan tambahan yang bisa dilakukan.

Menerapkan rutinitas
Ini menjadi hal yang paling vital dari semua poin menjalankan hidup sehat. Seberat apapun Anda latihan hari ini atau sebaik apa Anda mengontrol sarapan sehat pagi ini, tetapi kalau besok dan seterusnya tidak diterapkan usaha yang sama, tentu akan menghasilkan hal yang sia-sia. Hidup sehat membutuhkan proses dan kesungguhan, jika Anda bisa menaklukkan dua hal ini maka bukan tidak mungkin tubuh ideal dan sehat bisa Anda dapatkan.

Sudah mengerti kan alasan yang membuat program penurunan berat badan tidak sesuai yang diharapkan. Jika sudah, yuk segera perbaiki dan mulai dengan gaya hidup yang lebih sehat.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini