Strategi Memilih Hidangan Buffet

7561b1fc52c4f3a543e5ce87dfc5ddba5308168f.jpeg

Apapun bentuknya kelezatan makanan tetaplah yang paling utama. Meski sebagian orang memang tak begitu mempedulikan cara penyajian makanan, tetapi diakui maupun tidak jika diamati cara penyajian makanan dalam setiap kegiatan berbeda-beda. Bila diperhatikan secara saksama, mayoritas hidangan pesta disajikan secara buffet service. Masyarakat lebih mengenalnya sebagai prasmanan.

Cara penyajian ini mengharuskan untuk memilih makanan yang sudah disajikan, tanpa perlu memesannya terlebih dulu. Jika tidak jeli dan pintar memilih, salah ambil porsi buffet service bisa menjadi ancaman program diet sehat. Untuk itu, simak tips memilih hidangan prasmanan berikut ini.

Utamakan yang Belum Pernah Dimakan

Hidangan prasmanan sering dikelompokkan sesuai jenis masakannya. Untuk mencegah aksi memungut semua makanan, utamakan yang belum pernah Anda makan dalam seminggu terakhir. Langkah ini akan membuat selera makan lebih bagus dan cukup puas karena bisa memenuhi apa yang sedang ingin dimakan belakangan ini.

Makanan Sehat Tetap Prioritas

Meski sajian buffet memang selalu menggoda mata dan menggoyang lidah untuk menyantapnya, tapi tetaplah sadar akan program hidup sehat yang sedang dijalani. Jangan sampai pesta membuat usaha hidup sehat yang sudah susah payah dijalankan menjadi gagal. Makanan yang direbus, tumis, panggang, nasi merah atau pasta gandum, salad, smoothie sampai puding buah bisa diprioritaskan untuk menikmati pesta yang lebih sehat.

Minimalkan Dessert

Layaknya table service secara full course, buffet service dalam pesta besar kadang dilengkapi dengan menu yang komplit termasuk hadirnya hidangan pembuka (appetizer) dan hidangan penutup (dessert). Oleh karena kebanyakan dessert banyak didominasi dengan kue-kue manis, pastikan Anda sebisa mungkin untuk mengurangi asupannya. Kalori dan gula yang berlebihan bisa membuat berat badan bertambah usai pesta.

Porsi Makan adalah Hal Utama!

Dari beragam tips yang ada, bijak menentukan porsi makan adalah hal utama. Mungkin begitu sulit meninggalkan beragam sajian buffet ini, tapi Anda masih bisa mengakalinya untuk mengambil dalam porsi kecil. Bahkan dengan mencicipinya secara bergantian bisa jadi perut sudah cukup kenyang.

So, di manapun pestanya, tetaplah bijak saat menghadapi buffet service. Semoga berhasil!

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini