Siapkan Sarapan Sehat Bersama Si Kecil Yuk!

b6b61f65f7bf4c0a89785401f72a05297fb025a9.jpeg

“Yummm.... enaknya makanan ini, kejunya begitu lumer di lidah, rasanya begitu lain dari biasanya...”

 

Setelah terbangun ternyata hanya sebuah mimpi. Akhir pekan memang sering dimanfaatkan oleh si kecil untuk istirahat lebih lama. Selain itu, beberapa ibu memang membiarkan buah hatinya istirahat lebih lama saat hari Minggu tiba. Bangun-bangun si kecil langsung memanggil Anda dan menanyakan makan apa pagi ini. Supaya hidangan sarapan yang akan dia nikmati bisa selezat seperti yang dia mimpikan sebelumnya, sajikan hidangan berikut ini.

 

Tortilla Gandum

Bila Anda sedang tak ada ide menyajikan sarapan lezat dan nikmati pagi ini, awali dengan tortilla gandum. Agar lebih nikmat tambahkan orak-arik telur, paprika manis dan saus salsa. Sajikan selagi hangat. Kombinasi serat dan protein yang begitu lengkap dapat mengisi suplai energi yang dibutuhkan oleh si kecil untuk beraktivitas di akhir pekan. Tortilla gandum sebanyak 100 gram bisa menyumbangkan 312 kalori, sehingga jangan sampai ditambah dengan tambahan karbohidrat lain seperti nasi maupun roti. Sajikan dengan sayuran dan buah yang kaya serat.

 

Omelet

Variasi hidangan sehat dan enak di akhir pekan masih cukup banyak yang dapat Anda coba. Selain tortilla, Anda bisa memasak omelet. Bukan sebatas omelet biasa tentunya. Campurkan dengan cincangan daging, irisan paprika dan potongan bayam. Taburi dengan lada hitam agar lebih mantap rasanya. Aromanya yang menggoda dapat membangkitkan nafsu makan si kecil usai bangun tidur. Seporsi omelet dengan 3 butir telur dan beberapa irisan sayur seperti bayam, bawang daun dan bawang bombay menghasilkan 121 kalori. Menambahkan satu sendok nasi cukup memenuhi kebutuhan energi di pagi hari.

 

Smoothie

Supaya lebih lengkap, jangan makanan saja yang disajikan buat si kecil. Buatlah minuman yang juga tak kalah menyehatkan. Segelas smoothie buah berry dengan tambahan yogurt maupun susu rendah lemak dapat menjadi pilihan. Taburi dengan flaxseed atau cincangan kacang almond yang kaya protein dan omega-3. Minuman ini akan menjadi pelengkap asupan gizi si kecil di hari Minggu. Segelas smoothie bisa menyumbangkan kalori rata-rata sebesar 105 kalori. Anda bisa meminumnya dua kali sampai tiga kali sehari selama asupan gizi yang lain tetap terpenuhi.

 

Sereal Panas

Minggu pagi ternyata diwarnai dengan hujan yang cukup deras, tak perlu kehabisan ide. Hangatkan suasana di pagi hari dengan hidangan sereal panas saat sarapan. Masak sereal dengan menggunakan susu rendah lemak. Sajikan dengan potongan pisang maupun stroberi. Menaburkan gula merah di atasnya bisa juga menjadi cara untuk menyajikan sereal panas buat si kecil. Semangkuk sereal panas dengan tambahan pisang maupun stroberi dan susu murni sekitar 283 kalori, asupan yang cukup untuk kebutuhan sarapan di pagi hari.

 

Mumpung si Kecil masih tidur, yuk bangunkan dia dengan salah satu hidangan sarapan lezat dan sehat tersebut. Happy weekend!