Segarkan Tahun Baru Dengan Secangkir Teh Hijau

73cc7e3b608bf60b9ea1da2035be58fea2f79df5.jpeg

Tidak terasa tahun sudah berganti dengan meriahnya. Pesta kembang api menjadi penanda perjumpaan kenangan di tahun lalu dengan momen yang siap diukir di tahun baru. Euforia pergantian tahun ini kadang masih terasa sampai bulan pertama berganti. Menikmatinya pun bisa dengan beragam kegiatan yang tentunya bisa mendukung kesehatan tubuh. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menikmati secangkir teh hijau setiap hari.

Lalu, apa sih manfaat sebenarnya dari minuman yang sering disajikan seremonial di negara Jepang ini?

Meningkatkan kekebalan tubuh

Teh hijau tidak hanya akan memberikan sensasi kesegaran tersendiri bagi tubuh, tetapi juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Nutrisionis asal Icahn School of Medicine, Mount Sinai Hospital, Christopher Ochner, PhD, menjelaskan teh hijau bukan hanya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, namun juga mengandung antioksidan yang bisa menguatkan imunitas tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lain dari minuman ini adalah menjaga kesehatan jantung. Christopher kembali menyebutkan antioksidan yang terkandung dalam teh hijau dapat mencegah sumbatan pembuluh darah, sehingga akan membuat peredaran darah dalam tubuh lebih lancar dan membuat jantung bekerja lebih optimal tanpa harus mengalami gangguan penyakit.

Mencegah penyakit berbahaya

Di samping itu, menurut Beth Reardon, RD, ahli gizi dari Boston mengungkapkan teh hijau kaya kandungan katekin. Zat ini dapat mencegah kerusakan sel dan menjauhkan dari serangan bakteri, virus maupun zat berbahaya yang banyak mengandung radikal bebas. Daun teh hijau yang tidak diproses dan langsung diseduh lebih banyak mengandung katekin daripada yang sudah dijual dalam bentuk minuman.

Menjaga tubuh tetap ideal

Bagi Anda yang sedang menjalani proses makan sehat, bisa diimbangi dengan rutin meminum teh hijau setiap hari. Christopher menjelaskan jika dua cangkir sehari teh hijau tanpa tambahan gula dan mau bisa membantu membakar kalori dalam jumlah besar. Apalagi jika diimbangi dengan olahraga rutin dan asupan serat dari buah dan sayur yang lengkap, proses membentuk tubuh yang ideal dan sehat bisa menjadi lebih maksimal.

Begitu penting manfaat teh hijau bagi kesehatan, jangan sampai lupa untuk meminumnya ya.